SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PROMOSI KESEHATAN MENGGUNAKAN E-BOOK CETAK TERHADAP PENGETAHUAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) PADA SISWI SMKS AL-IKHLAS TAROKAN KEDIRI

Tanjung Hidayat

Abstrak


ABSTRACT

 

Hidayat, Tanjung. 2017. Pengaruh Promosi Kesehatan Menggunakan E-book Cetak Terhadap Pengetahuan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) pada Siswi SMKS Al-Ikhlas Tarokan Kediri.Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Roesdiyanto, M.Kes., (II) Nurnaningsih Herya Ulfah, S.KM,M.Kes.

 

Kata Kunci: promosi kesehatan, pengetahuan pemeriksaan payudara sendiri

 

Kanker payudara adalah tumor ganas yang menyerang jaringan payudara, yang terdiri dari kelenjar susu, saluran kelenjar, jaringan lemak maupun jaringan ikat pada payudara. Penelitian di Jakarta Breast Cancer menunjukkan bahwa dari 2.834 orang yang memeriksakan benjolan di payudara, 2.229 (78%) diantaranya merupakan tumor jinak, 368 (13%) terdiagnosis kanker dan sisanya merupakan kelainan bawaan payudara dan infeksi. Saat ini kecenderungan kanker payudara dialami oleh perempuan dengan rentan usia 15-20 tahun, dengan demikian tidak ada kata terlalu dini untuk memulai memberikan pendidikan tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri dapat meminimalkan angka kematian sebanyak 20%, namun wanita yang melakukan sadari terhitung rendah (25%-30%). Untuk menekan angka kematian akibat kanker payudara, diperlukan sebuah upaya pencegahan yang salah satunya dapat berupa promosi kesehatan tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) sejak dini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh promosi kesehatan menggunakan e-book cetak terhadap pengetahuan pada siswi SMKS Al-Ikhlas Tarokan Kediri. Hal ini ditinjau dari pengetahuan yang dimiliki oleh siswi sebelum diberi perlakuan. Dengan ini akan dilakukan eksperimen yang bersifat pre-eksperimen.

Penelitian bersifat pre-eksperimen ini menggunakan desain one group pre-test post-test. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan taraf signifikasi 0,05, dengan obyek penelitian sebanyak 27 siswi dari jumlah kelas XI. Dari hasil uji akan dicari seberapa berpengaruh eksperimen yang telah dilakukan.

Berdasarkan hasil penelitian,menunjukkan adanya pengaruh dengan hasil uji Wilcoxon nilai Z hitung 3,941 > Z tabel 0,950. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho yang menyatakan tidak ada pengaruh promosi kesehatan menggunakan e-book cetak terhadap pengetahuan tentang pemeriksaan payudara sendiri pada siswi SMKS Al-Ikhlas Tarokan Kediri ditolak dan Ha yang berbunyi ada pengaruh promosi kesehatan menggunakan e-book cetak terhadap pengetahuan tentang pemeriksaan payudara sendiri pada siswi SMKS Al-Ikhlas Tarokan Kediri di terima.

                Media e-book cetak dapat digunakan sebagai media promosi kesehatan yang baik tentang pemeriksaan payudara sendiri. Media e-book  cetak sendiri mudah di terapkan untuk masyarakat umum. Oleh Karena itu media e-book cetak dapat menjadi rekomendasi sebagai media dalam melakukan promosi kesehatan.