SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Modifikasi Latihan Shooting Terhadap Peningkatan Kemampuan Under Basket Shoot Pada Tim Putra Ekstrakurikuler Bolabasket SMA Brawijaya Smart School Malang

Mohammad Rofii

Abstrak


ABSTRAK

 

Rofi’i, Mohammad. 2017. Pengaruh Modifikasi Latihan Shooting Terhadap Peningkatan Kemampuan Under Basket Shoot Pada Tim Putra Ekstrakurikuler Bolabasket SMA Brawijaya Smart School Malang. Skripsi, Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes, (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: modifikasi latihan, under basket shoot, bolabasket.

 

Bolabasket merupakan permainan beregu yang dimainkan oleh dua tim di lapangan. Ada beberapa teknik yang harus dikuasai dalam permainan bolabasket, terutama teknik menembak (shooting). Siswa ekstrakurikuler bolabasket SMA Brawijaya Smart School Malang (BSS) memiliki permasalahan dalam shooting under basket, yaitu ketika pertandingan dengan kesempatan 23 kali hanya mampu memasukan 3 kali. Hal ini disebabkan karena pelatih kurang memberikan porsi latihan yang bervariasi. Salah satu latihan untuk meningkatkan prestasi under basket yaitu dengan menggunakan modifikasi latihan shooting.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modifikasi latihan shooting terhadap peningkatan kemampuan under basket shoot pada tim putra ekstrakurikuler bolabasket SMA Brawijaya Smart School Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Subjek yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler SMA Brawijaya Smart School Malang yang berjumlah sebanyak 20 peserta. Kelompok perlakuan eksperimen berjumlah 10 peserta dan kelompok kontrol berjumlah 10 peserta. Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis varian satu jalur.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) menggunakan perlakuan modifikasi latihan Shooting terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil  shooting under basket bolabasket di ekstrakurikuler bolabasket di SMA BSS (Fhitung 5,98 >  Ftabel 4,41), (2) sedangkan dengan menggunakan perlakuan latihan dari pelatih tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil  shooting under basket bolabasket di ekstrakurikuler bolabasket di SMA BSS (Fhitung 0,54 < Ftabel 4,41), (3) ada perbedaan yang signifikan antara dengan perlakuan modifikasi latihan shooting dan perlakuan latihan dari pelatih terhadap hasil  shooting under basket bolabasket peserta ekstrakurikuler bolabasket di SMA BSS (Fhitung 27,29 > Ftabel 4,41).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perlakuan modifikasi latihan shooting memberikan pengaruh yang lebih baik dari pada perlakuan latihan dari pelatih terhadap hasil  shooting under basket pada ekstrakurikuler bolabasket di SMA Brawijaya Smart School Malang. Pembina dapat menggunakan modifikasi latihan shooting di ekstrakurikuler bolabasket karena perlakuan ini dapat meningkatkan teknik dasar dan suasana menyenangkan serta tidak membuat peserta tertekan.