SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pola Latihan Dribbleterhadap Kecepatan Dribblingpada Pemain U14-U15 SSB Unibraw 82 Kota Malang

Tri Adi Subekti

Abstrak


ABSTRAK

 

Sepakbolamerupakancabangolahraga yang paling banyakmemilikipeminatdansalahsatuolahraga yang paling digemari di berbagaikalanganmasyarakat di beberapanegara, khususnyamasyarakat Indonesia. Sebagaibuktibahwamasyarakat di Indonesia menggemaridanmempunyaiminatterhadapolahragasepakbolayaitudenganbanyakberdirinyaklub-klubsepakboladan SSB (SekolahSepakbola) di seluruhdaerah di Indonesia. Selama ini belum ada prestasi gemilang yang mampu diraih oleh SSB Unibraw 82 Kota Malang. Faktor tersebut datang dari permasalahan internal seperti kondisi fisik, penerapan praktik strategi yang kurang tepat, serta penguasaan dan kecepatan dalam melakukan teknik dasar yang kurang salah satunya dribbling.

Penelitian ini adalah penelitian lanjutan dari hasil penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Mochtar (2013) yang menghasilkan media dalam bentuk VCD dalam memahami pola latihan dribbling sepakbola untuk kelompok umur 14-15 tahun saja. Maka peneliti akan melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah ada pengaruh pola latihan dribble terhadap kecepatan dribbling pada pemain U14-U15 SSB Unibraw 82 Kota Malang.

Penelitian dilakukan menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design yaitu kelompok yang diberikanperlakuan, tetapisebelumperlakuanterlebihdahuludilakukantesawal (pretest), dankemudian di akhirperlakuandilakukanlagiterakhir (posttest). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah para pemain SSB Unibraw 82 Kota Malang yang berjumlah 20 pemain dan sampelnya adalah pemain U14-15 SSB Unibraw 82 Kota Malang yang berjumlah 20 orang.

Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti H0 ditolak dikarenakan nilai signifikan (p) < α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa pola latihandribbleberpengaruh terhadap kecepatan dribbling pemain U14-U15 SSB Unibraw 82 Kota Malang.

Bagi pelatih diharapkan metode pola latihan ini dapat digunakan sebagai alat dalam pemberian metode latihan kecepatan dribbling yaitu dengan metode pola latihan dribbling yang nantinya menjadikan latihan ini menjadi lebih menarik tanpa mengesampingkan nilai keterampilan yang akan diberikan dan lebih inovatif.Serta dapat menjadikan metode pola latihan dribble ini sebagai bahan pertimbangan penyusunan program latihan di klub.