SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Kadar Eritrosit dan Kapasitas Vital Paru Atlet Karate di Universitas Negeri Malang

Yovi Maswandi Antoro

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

 

Antoro, Maswandi, Yovi. 2017, Survei Kadar Eritrosit dan Kapasitas Vital Paru Atlet Karate di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Olivia Andiana. S.Or, M.Kes, (II)dr. RiasGesangKinanti,M.Kes.

 

Kata Kunci: Karate, Eritrosit, Kapasitas Vital Paru.

 

            Olahraga prestasi memerlukan daya tahan kardiorespirasi yang optimal. Olahraga karate merupakan olahraga prestasi yang membutuhkan daya tahan optimal. Olahraga mempengaruhi sistem pernapasan meningkatkan kapasitas vital paru dan mempengaruhi sistem sirkulasi meningkatkan eritrosit. Olahraga dapat meningkatkan aliran darah melalui paru sehingga menyebabkan oksigen dapat berdifusi ke dalam kapiler paru dengan volume yang lebih besar atau maksimum sehingga kapasitas vital pada seorang atlet lebih besar daripada orang yang tidak rutin berolahraga. Olahraga mempengaruhi fungsi  paru-paru  pada  atlet mengakibatkan  peningkatan  kapasitas vital  paru  dan  mengembangkan  daya tahan  yang  lebih  besar  pada  otot pernapasan. Olahraga meningkatnya produksi dan jumlah sel eritrosit yang diakibatkan latihan olahraga ini akan meningkan jumlah  kadar hemoglobin total dalam darah, peningkatan konsentrasi hemoglobin ini akan meningkatkan ambilanoksigen maksimal walaupun  parameter hematologi lainnya tidak banyak berubah.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan antara kadar eritrosit dan kapasitas vital paru atlet karate di Universitas Negeri Malang dengan melakukan latihan karate.

Rancangan penelitianini menggunakan Rancangan non-eksperimen, yaitu penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 19 atlet karate Universitas Negeri Malang dengan mengambil sampel 10 atlet pria dan menggunakan purposive sampling untuk menentukan sampel. Teknik purposive sampling menggunakan pertimbangan tertentu dalam memilih sampel secara spesifik sesuai kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Kriteria yang digunakan untuk memilih sampel dalam penelitian ini dengan kriteria sebagai berikut: (a) atlet karate di Universitas Negeri Malang, (b) minimal pernah juara 3 (tiga) dalam kejuaraan antar mahasiswa atau kejuaraan umum (open) ditingkat propinsi, (c) aktif berlatih dan masih berstatus sebagai mahasiswa aktif di Universitas Negeri Malang. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan instrumen tes dan pengukuran kadar eritrosit  darah dan kapasitas vital paru atlet karate di Universitas Negeri Malang dengan tes labolatorium untuk tes kadar eritrosit dan menggunakan alat spirometer untuk tes kapasitas vital paru. Data yang telah dikumpulkan dianalisa menggunakan program komputer Statistical Package of Special Science (SPSS) 22.0 forWindowsdan dilakukan analisis data oleh peneliti menggunakan uji statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kadar eritrosit dan kapasitas vital paru atlet karate Universitas Negeri Malang menunjukkan5587000,0000 Sel/ul dan, 3500,0000 ml dari nilai kadar eritrosit dan kapasitas vital paru normal. Pada kadar eritrosit atlet karate Universitas Negeri Malang normal dan kapasitas vital paru normal kategori sedang.Peningkatan terbesar diketahui pada kadar eritrositdaripada kapasitas vital paru pada atlet karate Universitas Negeri Malang dengan latihan intensitas tinggi.