SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Motivasi Konsumen Menggunakan Jasa Fitness Center Di Atlas Fitness Center Kota Malang

WIDHI HAMIM PRIAMBADA

Abstrak


ABSTRAK

 

Widhi Hamim P, 2017.Motivasi Konsumen Menggunakan Jasa  Fitness Center Di Atlas Fitness Center Kota Malang, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Olivia Andiana, S.Or, M.Kes (II)dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes

 

Kata Kunci: Motivasi, Konsumen, Jasa, Fitness center

Aktivitas olahraga di masyarakat cenderung semakinmeningkat seiring kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yangdemikian canggih.Latihan kebugaran atau fitness merupakan proses sistematis menggunakan  rangsang  gerak  dan  bertujuan  meningkatkan  atau mempertahankan kualitas fungsional tubuh, yang meliputi kualitas daya tahan paru jantung, kekuatan atau daya tahan otot, kelentukan, dan komposisi tubuh.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian penelitian survey yaitu suatu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai suatu alat pengumpulan datayang pokok. Pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner yang akan diberikan secara langsung kepada responden dan mengadakan observasi. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data ini terdiri dari analisis deskriptif dan rentang skala.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Motivasi konsumen dalam menggunakan jasa fitness center termasuk terkait dengan kebutuhan fisiologis termasuk dalam kategorisangat tinggi dengan nilai rata-rata 4,44. (2) Motivasi konsumen dalam memilih jas fitnes center terkait dengan kebutuhan keamanan adalah sangat tinggi dengan nilai rata-rata 4,19 (3) Motivasi konsumen dalam memilih jas fitnes center terkait dengan kebutuhan sosial adalah sangat tinggi dengan nilai rata-rata 4,33 (4) motivasi konsumen dalam memilih jas fitnes center terkait dengan kebutuhan penghargaan adalah sangat tinggi dengan nilai rata-rata 4,13 (5) motivasi konsumen dalam memilih jas fitnes center terkait dengan kebutuhan aktualisasi adalah sangat tinggi dengan nilai rata-rata 4,22. Dari lima motivasi tersebut menunjukkan bahwa konsumen memiliki motivasi yang tinggi untuk melakukan olah raga fitness dan di antara kelima motivasi tersebut, motivasi yang paling tinggi yang mendorong konsumen memilih Atlas fitness center untuk menjaga kesehatan tubuh adalah motivasi untuk memenuhi kebutuhan fisiologis.