SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH POLA LATIHAN SKIPPING DAN LATIHAN DRIBBLING STOP AND GO TERHADAP KECEPATAN DRIBBLING PEMAIN SEPAKBOLA USIA 14-15 TAHUN DI SEKOLAH SEPAKBOLA (SSB) NONGKOJAJAR MUDA KABUPATEN PASURUAN

Luji Hendar Prasojo

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasojo, Luji Hendar. 2017. Pengaruh  Pola Latihan Skipping dan Latihan Dribbling Stop and Go terhadap Kecepatan Dribbling Pemain Sepakbola Usia 14-15 Tahun di Sekolah Sepakbola (SSB) Nongkojajar Muda Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi, M. Kes, (II) Drs. Mulyani Surendra, M. S.

 

Kata Kunci: Sepakbola, kecepatan, skipping, dribbling, pola latihan.

Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola yang dilakukan oleh pemain, dengan sasaran gawang dan bertujuan memasukkan bola ke gawang lawan.Salah satu teknik dasar yang dilakukan oleh pemain dalam suatu pertandingan adalah menggiring bola atau disebut dengan dribbling. Penguasaan keterampilan teknik dasar menggiring bola (dribbling) bagi seorang pemain sepakbola adalah penting. Tanpa penguasaan teknik menggiring bola yang baik maka tujuan permainan sepakbola cenderung tidak akan tercapai secara maksimal. Seperti halnya di Sekolah Sepakbola (SSB) Nongkojajar Muda, penerapan praktik strategi yang kurang tepat, serta penguasaan dan kecepatan dalam melakukan teknik dasar yang kurang salah satunya dribbling.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pola latihan skipping dan latihan dribbling stop and go berpengaruh terhadap kecepatan dribbling pemain sepakbola usia 14-15 tahun di SSB Nongkojajar Muda Kabupaten Pasuruan.

Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Adapun rancangan penelitian ini menggunakan rancangan One Group Pretes-Postes Design yaitu kelompok yang diberikan perlakuan, tetapi sebelum perlakuan terlebih dahulu dilakukan tes awal (pretes), dan kemudian di akhir perlakuan dilakukan lagi tes akhir (postes). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SSB Nongkojajar Muda yang berjumlah 15 orang dan sampelnya berjumlah 15 orang. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dribbling sepakbola dari Nurhasan (2001: 158). Analisis data yang digunakan untuk mengolah data yang didapat adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dengan menggunakan program Statistical Package for Social Science(SPSS)Windows Release 23.

Berdasarkan hasil data pretes dan data postes yang telah dianalisis mengunakan Statistical Package for Social Science (SPSS)diketahui nilai signifikansi uji t sebesar 0,000 yang berarti hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pola latihan skipping dan latihan dribbling stop and go berpengaruh terhadap kecepatan dribbling pemain sepakbola usia 14-15 tahun di sekolah sepakbola (SSB) Nongkojajar Muda. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai suatu bahan referensi untuk pembinaan kegiatan sepakbola. Bagi SSB Nongkojajar Muda, diharapkan agar lebih kreatif dalam melakukan pembelajaran sehingga siswa lebih antusias dan tertarik setiap mengikuti pembelajaran yang dilakukan.