SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LATIHAN PLYOMETRICDEPTH JUMPTERHADAP KEKUATAN OTOT TUNGKAI ATLET BOLAVOLI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

hidayatullah Ainun barkah

Abstrak


ABSTRAK

 

Barkah, Hidayatullah, Ainun. 2017. PengaruhLatihanPliometrikDepth Jump TerhadapKekuatanOtotTungkaiAtletBolaVoliUniversitasNegeri Malang, Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Saichudin, M.Kes. (II) dr. RiasGesangKinanti, M.Kes

Kata kunci: KondisiFisik, LatihanPlyometric Depth Jump danKekuatanOtotTungkai.

Kondisifisikadalahkomponen yang sangatpentingdalammelakukanaktivitasolahragabaik yang bersifatprestasiataupembelajaran.Kondisi fisik juga menunjang atau meningkatkan kemampuan biomotorik yang sangat bermanfaat dalam meraih prestasi. Komponen kondisi fisik khusus bolavoli yang dominan menggunakan melompat maka perlu di latih padakekuatanyang berfokuspadaotottungkai karena kekuatanotottungkaimerupakansalahsatukomponen yang dominandalamaktivitasolahragabolavoli untuk menyerang maupun bertahan.Tujuandaripenelitianiniuntukmengetahui pengaruhlatihanplyometricdepth jump terhadap kekuatan otot tungkai padaatletbola voliUniversitasNegeri Malang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pra-eksperimen yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari “sesuatu” yang dikenakan pada subjek dan adanya perlakuan terhadap subjek.Rancangan yang digunakan penelitian iniOnly One Group Pre-test Pos-test Designdengan menggunakan satu kelompok eksperimen tanpa adanya kelompok kontrol. Subjek penelitian adalah atlet bolavoli Universitas Negeri Malang yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dengan tes menggunakan alat back and leg dynamometer yang diperoleh merupakan data sehingga dapat diolah. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas untuk menentukan kenormalan distribusi data, uji homogenitas untuk mengetahui homogenitas data, dan paired t-test.

Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh latihan plyometric depth jump terhadap kekuatan otot tungkai atlet bolavoli Universitas Negeri Malang. Hal ini dibuktikan darihasilanalisis data berdasarkan output padatabel, diperoleh nilai uji normalitas sebesar (0,065) dan (0,079) yang memilikinilaisignifikanlebihdari(0,05) sehingga berdistribusi normal, selanjutnya diperoleh nilai uji homogenitas sebesar (0,803)menunjukannilaisignifikanlebihdari(0,05) sehingga data tersebutadalahhomogen, dan nilaipaired t-testdiperoleh nilai signifikan sebesar (0,000) yang menunjukan lebih kecil dari (0,05) yang berarti ada perbedaan antara pre-testdan pos-test setelah adanya perlakuan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa latihan plyometric depth jump dapat meningkatkan kekuatan otot tungkai pada atlet olahraga bolavoli. Peneliti berikutnya dapat menggunakan latihan plyometric dengan bentuk lain. Peneliti berikutnya dapat memberikan layanan latihan secara menyeluruh sesuai program latihan yang direncanakan.