SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FANATISME SUPORTER SEPAKBOLA DITINJAU DARI ASPEK SOSIO-ANTROPOLOGIS (STUDI KASUS AREMANIA MALANG)

Moch Ian Brilian Assyaumin

Abstrak


ABSTRAK

 

Assyaumin, Moch, Ian, Brilian. 2017. Fanatisme Suporter Sepakbola Ditinjau dari Aspek Sosio-Antropologis (Studi Kasus Aremania Malang). Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Mahmud Yunus M.Kes., (II) Dr. Slamet Raharjo, S.Pd, M.Or.

 

Kata kunci: Fanatisme, suporter Aremania, sepakbola

Suporter Aremania merupakan pendukung tim sepakbola Arema Malang yang berbasis di Malang, Jawa Timur. Sepakbola merupakan permainan yang dilakukan secara sederhana dan segera, tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan hasil dari kerjasama regu. Dalam suporter sepakbola juga dikenal istilah fanatik atau fanatisme adalah sebuah pandangan atau faham yang dipegang oleh suatu kelompok yang membela tentang sesuatu yang tidak bisa diganggu gugat akan keyakinannya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui bagaimana bentuk-bentuk fanatisme kelompok suporter sepakbola Aremania Malang dari aspek sosio-antropologis, dan 2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku fanatisme kelompok suporter sepakbola Aremania Malang dalam mendukung Arema Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif untuk menjawab pertanyaan di atas. Dalam hal, kelompok suporter Aremania Malang adalah sebagai narasumber. Data penelitian ini adalah fanatisme suporter sepakbola Aremania Malang selama mendukung Arema Malang di luar lapangan bahkan interaksi sehari-hari. Dalam mengumpulkan data melalui observasi, peneliti menggunakan tape recorder, pedoman wawancara, serta dokumentasi. Dalam penelitian ini, trianggulasi sumber data, data teori, dan metodologi diterapkan untuk mengecek keabsahan data.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum fanatisme suporter Aremania Malang sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa suporter Aremania Malang merupakan salah satu suporter terfanatik di Indonesia khususnya daerah Jawa Timur. Selain suporter Aremania Malang fanatik dalam mendukung Arema, Aremania juga menjalin komunikasi yang baik antar kelompok suporter sepakbola lainnya sering bersilaturahmi antar sesama suporter dan sering juga melakukan kegiatan sosial untuk masyarakat sekitar khususnya warga Malang, hal ini yang menjadikan suporter Aremania Malang disegani oleh seluruh elemen masyarakat. Pola interaksi yang baik antara anggota Aremania yang satu dengan lainnya itulah yang membuat suporter Aremania Malang menjadi salah satu suporter Indonesia yang selalu kompak dan atraktif dan mendukung Arema di dalam lapangan bahkan di luar lapangan juga.