SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Fitrawansyah, Ikbal, M. 2017. “Pengaruh Latihan Dengan Umpan Lempar Shutllecockterhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Pukulan Overhead Forehan Clearpada Peserta Klub Badminton Academy and Training Di Tunggul Wulung Malang”.

Muhammad Ikbal Fitrawansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitrawansyah, Ikbal, M.  2017. “Pengaruh Latihan Dengan Umpan Lempar Shutllecockterhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Pukulan Overhead Forehan Clearpada Peserta Klub Badminton Academy and Training Di Tunggul Wulung Malang”. Skripsi,JurusanIlmuKeolahragaan, FakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. saihudin, M. Kes, (II) dr. RiasGesangKinanti, M.Kes.

 

Kata Kunci: Bulutangkis,  ForehandOverhead

Permainanbulutangkisadalahpermainan yang terdiridarisatupermainan di satusisi (padapermainantunggal) ataumasing-masingduapemain di satusisi (padapermainanganda), Pukulanforehand overheadadalahpukulanOverhead dilakukanterhadapshutllecock yang melambungdisebelahkananataskepala (bagi yang tidakkidal).Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhumpanlemparshutllecockterhadapketerampilanpukulanoverhead forehand clearpadapesertaklubBadminton Academy and Trainingdi TunggulWulung Malang.

Penelitianini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan sampel yang digunakan adalah peserta klub Badminton Academy and Training di Tunggul Wulung Malang dengan jumlah 20 anak. Adapun rancangan penelitian ini menggunakan rancangan One group Pretest-Postest yaitu kelompok yang diberikan perlakuan, tetapi sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu tes awal (pretest), dan kemudian pemberian perlakuan (treatment) dan dilakukannya lagi tes akhir (postest), frekuensi latihan 3 kali seminggu sebanyak 16 kali pertemuan.

Hasil dari penelitian ini adalah, dari data Pretest didapat hasil terendah untuk tes keterampilan pukulan overhead forehand clear(lob) adalah 9.55. Dan pada hasil Postest didapat hasil 9.79. Dari data menunjukan rata-rata perbedaan mean antara pretest dan postest sebesar 40,0 untuk Pretest sedangkan, Postest40.2. Hasil perhitungan t-hitung menunjukan hasil sebesar 15.69.

 

Dari hasil penelitian maka kesimpulan yang didapat bahwa latihan dengan umpan lempar shutllecock berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan teknik pukulan overhead forehand clear pada peserta peserta klub Badminton Academy and Trainingdi Tunggul Wulung Malang. Dan saran yang dapat diberikan berupa, perlu diadakannya penelitian serupa dengan tambahan variasi latihan.