SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Program Latihan Ankle Weight terhadap Power Tungkai Pemain Bolavoli di Unit Aktivitas Bolavoli Universitas Negeri Malang Tahun 2017

Dwi Yulia Safitri

Abstrak


ABSTRAK

Safitri, Dwi Yulia. 2017.Program Latihan Ankle Weight terhadap Power Tungkai Pemain Bolavoli di Unit Aktivitas Bolavoli Universitas Negeri Malang Tahun 2017. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S., (II) dr. Rias Gesang K, M.Kes.

Kata Kunci: Bolavoli, latihan ankle weight, power tungkai.

Permainan bolavoli merupakan permainan olahraga yang sangat populer di dunia, cara bermainnya sangat sederhana yaitu dengan memukul bola dengan melewati net bolak balik dengan ketinggian tertentu. Permainan bolavoli dimainkan oleh 6 orang pemain setiap regu. Selain membutuhkan keterampilan-keterampilan dasar, taktik, dan kerja sama tim, pada permainan bolavoli juga memerlukan power tungkai yang diperlukan saat melakukan gerakan meloncat.

Loncatan dalam permainan bolavoli merupakan sebuah gerakan yang wajib dilakukan untuk melakukan jump serve, smash dan juga blocking. Kemampuan tersebut harus dikembangkan pada setiap atlet bolavoli. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan meloncat. Salah satunya dapat dengan melakukan latihan ankle weight. Latihan ankle weight adalah latihan untuk meningkatkan kekuatan kinerja otot-otot pada tungkai, yang dilakukan dengan cara memberi beban pada tungkai bagian bawah. Pada latihan ankle weight dilakukan dengan memasang alat berupa rompi berbeban pada tungkai bawah agar bereaksi dengan cepat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian program latihan ankle weight terhadap power tungkai.Populasi penelitian adalah pemain bolavoli di Unit Aktivitas Bolavoli Universitas Negeri Malang sebanyak20 pemain.Pengelompokankelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan teknik matching sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran power tungkai menggunakan tes vertical jump.Analisis data untukmelengkapihipotesisdigunakanujiAnovadengantaraf signifikansi 0,05. Sebelum dilakukan uji Anova dilakukan uji Normalitas dan Homogenitas.

Berdasarkan hasil uji Anova menggunakan one way anova menunjukkan bahwa, p kelompok eksperimen =0,007< 0,05 yang berarti Ho ditolak, sedangkan p kelompok kontrol = 0,858 > 0,05 yang berarti Ho diterima.Rata-rata power tungkai kelompok eksperimen sebesar 108,6000kg-m/detik dan kelompok kontrolsebesar 99,7000kg-m/detik

Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian latihan ankle weight berpengaruh baik terhadap power tungkai pemain bolavoli di Unit Aktivitas Bolavoli Universitas Negeri Malang dibandingkan kelompo tanpa pemberia latihan ankle weight.