SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN LATIHAN PASS-SHOOT BOLA BASKET MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA CLUB BOLA BASKET GOSWEET GONDANGLEGI MALANG

firdausia yunita budianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan penelitian awal dan analisis kebutuhan yang sudah dilakukan peneliti di club bola basket Gosweet Gondanglegi diperoleh informasi bahwa: (1) 100% anggota club bola basket Gosweet membutuhkan macam-macam bentuk latihan pass-shoot, (2) 100% anggota club bola basket Gosweet perlu media untuk membantu memandu latihan pass-shoot, (3) 100% anggota club bola basket Gosweet membutuhkan media audio visual untuk latihan pass-shoot, (4) 100% anggota setuju bila di club bola basket Gosweet Gondanglegi ada panduan latihan pass-shoot melalui media audio visual.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan panduan latihan pass-shoot melalui media audio visual untuk club bola basket Gosweet Gondanglegi Malang. Berdasarkan hasil uji kelompok kecil dengan menggunakan 20 anggota diperoleh persentase sebesar 87.75% tergolong kategori sangat valid. Hasil uji kelompok besar dengan menggunakan 60 anggota diperoleh persentase sebesar 87.54% tergolong kategori sangat valid sehingga panduan latihan pass-shoot bola basket melalui media audio visual untuk club bola basket Gosweet Gondanglegi Malang dapat digunakan. Hasil pengembangan berupa media audio visual yang berisikan panduan latihan pass-shoot dengan bentuk-bentuk latihannya, yaitu: chess pass-shoot, under pass-shoot, abc pass-shoot, abc pass threepoint shoot, threepoint pass-shoot, freethrow pass-shoot, passing hands up shoot, cross pass-shoot, 123 pass-shoot, zigzag pass-shoot, forhead pass-shoot, chess pass zigzag shoot, forhead and chess pass zigzag shoot, bounce and chess pass zigzag shoot, beserta variabel-variabelnya yang dikemas menjadi produk yang berbentuk flash.

Hasil pengembangan ini hanya sampai tersusun sebuah produk, belum sampai pada tingkat efektivitas produk yang dikembangkan, sehingga saran peneliti pada penelitian selanjutnya perlu dilanjutkan sampai pada efektivitas produk yang dikembangkan. Peneliti berharap pelatih sebaiknya lebih kreatif dan inovatif dalam hal pengembangan dan pemanfaatan media panduan dalam proses pemahaman informasi yang akan merangsang anggota untuk lebih tertarik dengan latihan pass-shoot yang akhirnya bermuara pada percepatan proses pemahaman anggota terhadap latihan pass-shoot.