SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

gaya hidup penderita diabetes mellitus tipe 2 terkait aspek pola makan dan physiscal activity di kota malang

anggra banoriztanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Banoriztanto, Anggra. 2017. Gaya Hidup Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Terkait Aspek Pola Makan dan Physical Activity Di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi, M.Kes., (II) Dra. DesianaMerawati, M.S.

 

Kata kunci: gayahidup, diabetes mellitustipe 2, polamakan, physical activity.

Diabetes Mellitus tipe 2 timbul akibat perubahan gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup tersebut meliputi pola makan dan aktifitas fisik. Pada penderita Diabetes Mellitus tipe 2 mengatur pola makan dan melakukan aktifitas fisik adalah salah satu penatalaksanaan penyakit Diabetes Mellitus tipe 2 agar tidak terjadi komplikasi.  Pengaturan pola makan dan aktifitas fisik yang teratur mampu menurunkan kadar gula darah didalam tubuh menjadi normal. Dari pengamatan yang peneliti lakukan, bahwa penyakit Diabetes Mellitus tipe 2 adalah salah satu penyakit kronis yang banyak diderita oleh penduduk di Kota Malang dengan jumlah mencapai 4854 orang, yang berjenis kelamin laki-laki berjumlah 1372 orang dan perempuan berjumlah 2482 orang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya hidup penderita diabetes mellitus tipe 2 terkait aspek pola makan dan physical activity di Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan sampel sejumlah 90 penderita Diabetes Mellitus tipe 2 di Kota Malang. Cara pengambilan sampel adalah menggunakan simple random sampling, maka sampel adalah penderita Diabetes Mellitus tipe2 yang datang dan kontrol di puskesmas dari keseluruhan populasi.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan hasil sebagai berikut. Penderita Diabetes Mellitus tipe 2 lebih banyak perempuan sebesar 62,22% sedangkan laki-laki sebesar 37,78%. Dari aspek pola makan sebelum menderita Diabetes Mellitus tipe 2 yang mengkonsumsi nasi sebesar 98,89%, saat menderita sebesar 93,33%. Sebelum menderita Diabetes Mellitus tipe 2 yang mengkonsumsi sayur 94,44%, saat menderita sebesar 95,56% dan yang mengkonsumsi buah sebelum menderita sebesar 88,89%, saat menderita sebesar 86,67%, sebelum menderita yang makan camilan manis sebesar 73,33% saat menderita sebesar 65,56%. Saat aktifitas fisik pada pagi hari, penderita yang melakukan bersih-bersih rumah sebelum menderita 84,44%, saat menderita sebesar 83,33%, dan yang melakukan olahraga sebelum menderita sebesar71,11%, saat menderita sebesar72,22%.

 

Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan pola makan dan aktifitas fisik pada penderita Diabetes Mellitus tipe 2 saat menderita Diabetes Mellitus tipe 2 lebih baik dari pada sebelum menderita Diabetes Mellitus tipe 2. Saran penelitian ini dapat dijadikan gambaran kepada masyarakat tentang pola makan dan physical activity pada penderita Diabetes Mellitus tipe 2.