SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengembangan Model-model Latihan Pukulan Finishing untuk Atlet Woodball Universitas Negeri Malang

davin indra sebastian

Abstrak


ABSTRAK

 

Sebastian, Davin Indra. 2017. Pengembangan Model-model Latihan Pukulan Finishing untuk Atlet Woodball Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Supriatna, M.Pd (II) Dra.Sri Purnami, M.Pd

 

Kata Kunci: Latihan Pukulan Finishing, Atlet Woodball

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan peneliti kepada atlet woodball Universitas Negeri Malang pada tanggal  19 Maret 2017, didapatkan hasil latihan pukulan finishing  yang dilakukan tanpa panduan program latihan dan dilakukan secara otodidak, sehingga latihan yang dilakukan tidak efektif. Pada penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada 20 atlet woodball Universitas Negeri Malang, disimpulkan sebagai berikut: atlet woodball Universitas Negeri Malang sangat membutuhkan model-model latihan pukulan finishing dikemas dalam bentuk buku panduan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membuat model-model latihan pukulan finishing dalam bentuk buku panduan untuk atlet woodball Universitas Negeri Malang. Model-model latihan pukulan finishing yang dikemas dalam buku panduan pada olahraga woodball ini dapat membantu meningkatkan keterampilan bermain woodball dan dapat dijadikan bahan referensi bagi para atlet woodball Universitas Negeri Malang.

Metode penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan research and development (R&D) dari Borg dan Gall. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.

Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah 6 model latihan pukulan finishing yang dikemas dalam bentuk buku panduan untuk atlet woodball Universitas Negeri Malang. Berdasrkan hasil justifikasi para ahli dan uji coba kelompok kecil dan kelomok besar didapatkna data sebagai berikut: (1) justifikasi ahli woodball sebesar 81% (sangat baik), (2) justifikasi ahli media 76%  (baik), (3) uji coba kelompok kecil sebesar 83% (sangat baik), (4) uji coba kelompok besar 85% (sangat baik). Secara keseluruhan persentase hasil justifikasi para ahli dan hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar adalah 81% (sangat baik). Dengan demikian hasil penelitian dan pengembangan model-model latihan pukulan finishing yang dikemas dalam bentuk buku panduan untuk atlet woodball Universitas Negeri Malang layak untuk digunakan.

 

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar atlet woodball Universitas Negeri Malang menggunakan model-model latihan pukulan finishing yang dikemas dalam bentuk buku panduan sebagai salah satu referensi dalam melakukan latihan pukulan finishing. Sehingga kemampuan melakukan pukulan finishing pada permainan woodball dapat meningkat.