SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS GERAK TEKNIK SHOOTING THREE POINT PADA PEMAIN TIM BOLABASKET UNIVERSITAS NEGERI MALANG

SAYYID AGIL RIFQI MUNAWAR

Abstrak


ABSTRAK

 

Munawar, Sayyid Agil Rifqi. 2017. Analisis Gerak Teknik Shooting Three Point Pada Tim Bola Basket Universitas negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Slamet Raharjo, S.Pd, M.Or., (II) Dr. Saichudin, M.Kes.

 

Kata Kunci: Analisis, Shooting Three Point, Dartfish

Shooting thre point merupakan salah satu tembakan dengan kesulitan yang tinggi karena dilakukan dengan jarak yang jauh dari ring. Namun jenis tembakan ini juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan tembakan lain. Keunggulan yang dimaksud yakni dari segi point atau angka yang diperoleh. Jika seorang pemain melakukan shooting three point dan berhasil memasukkan bola ke dalam ring, maka tim dari pemain tersebut langsung mendapatkan point tiga. Jadi jenis shooting three point harusnya dapat dimaksimalkan dalam suatu pertandingan karena merupakan pundi-pundi point terbesar dalam bolabasket, dan tentunya akan membantu dalam meraih suatu kemenangan. Oleh karena itu dilakukan suatu analisis terhadap aspek gerakan dan alur bola untuk membantu pelatih maupun pemain untuk memaksimalkan shooting three point.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Kuantitatif-kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Dilakukan pada tim bolabasket Unversitas Negeri Malang yang terdiri dari 10 orang putra dengan kualifikasi yang telah ditentukan.

Pengumpulam data tes shooting three point dilakukan kesepuluh objek dengan masing-masing objek memiliki kesempatan tiga kali menembak hal ini dilakukan untuk menghindari human eror. Data yang terkumpul yaitu berupa video lalu akan dianalisis menggunakan dua aplikasi yaitu dartfish dan kinovea. Dalam dua aplikasi ini akan dihitung dalam berbagai aspek sesuai dengan instrumen penelitian yang tersedia. Data yang dilampirkan akan berupa gambar beserta penjelasannya.

Hal yang paling berpengaruh dalam shooting three point yakni kecepatan, dan sudut bola yang dihasilkan. Dalam penelitian ini kecepatan awal bola yang dikategorikan baik yakni 8 m/s dengan di iringi sudut lemparan sebesar 48,9̊. Kedua hal ini sangat berpengaruh dalam suatu keberhasilan shooting three point.

 

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disarankan bahwa perlu adanya pemograman latihan yang fokus pada aspek gerakan-gerakan  untuk mendukung gerakan shooting three point, sehingga terjadi tembakan yang efektif dan efisien.