SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Instruktur Jogging Menjadi Instruktur Jogging Elektronik Berbasis SMS Gateway Menggunakan PHP

Maradona Armando Firando

Abstrak


ABSTRAK

 

Firando, M. Armando, 2017. Pengembangan Instruktur Jogging Menjadi Instruktur Jogging Elektronik Berbasis SMS Gateway Menggunakan PHP. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Saichudin, M. Kes (II) Olivia Andiana, S.Or., M. Kes.

 

Kata Kunci : instruktur jogging, instruktur jogging elektronik, SMS gateway

Jogging merupakan salah satu olahraga aerobik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jogging sebaiknya dilakukan dengan program terstruktur dan terencana agar hasil yang didapatkan lebih optimal. Program jogging biasanya disusun oleh instruktur jogging yang ahli berdasarkan ilmu kesehatan olahraga dan kebutuhan pemakainya. Namun pada kenyataannya sebagian masyarakat tidak memiliki program jogging yang tersetruktur dan terencana. Hal ini disebabkan karena ketidaktahuan dan mahalnya menyewa jasa seorang instruktur jogging sehingga mayarakat cenderung melakukan jogging alakadarnya. Alasan ini menjadi titik kuat peneliti membuat “pengembangan instruktur jogging menjadi instruktur jogging elektronik berbasis SMS gateway Menggunakan PHP”.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) mengembangakan instruktur jogging menjadi instruktur jogging elektronik berbasis SMS gateway Menggunakan PHP. (2) memberikan informasi program joging dengan mudah kepada masyarakat melalui media SMS, sehingga mereka mendapatkan manfaat yang optimal.

Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Reseach and Development dari Borg dan Gall dan jenis data yang didapat merupakan data kualitatif dan data deskriptif. Pengumpulan data dilakukan metode wawancara, dan menggunakan angket berupa kuesioner kepada masyarakat yang melakukan olahraga jogging dilapangan belanegara Rampal kota Malang dan para ahli dengan tahap analisis data, pembuatan produk, evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data dan tahap persentase desktiptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba kelompok besar yang dilakukan dilapangan belanegara Rampal Malang sebanyak 30 subjek diperoleh presentase yaitu 91,77% yang berarti sangat tertarik dengan produk instruktur jogging elektronik berbasis SMS gateway menggunakan PHP.

 

Hasil akhir dari kegiatan penelitian pengembangan ini adalah berupa produk pengembangan instruktur jogging menjadi instruktur jogging elektronik berbasis SMS gateway menggunakan PHP. Adanya penelitian ini, dapat dijadikan sebagai landasan untuk penelitian berikutnya serta diharapkan dengan produk ini masyarakat mendapatkan program jogging yang benar dan mendapatkan manfaat dari olahraga jogging yang lebih optimal.