SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Gerak Instep Kick Terhadap Akurasi dan Kecepatan Bola pada Tim Akademi Arema U-19 Kota Malang

Bayu Raditya Anggriawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggriawan, Bayu Raditya. 2017. Analisis Gerak Instep Kick terhadap Akurasi dan Kecepatan Bola pada Tim Akademi Arema U-19 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Saichudin., M. Kes., (II) Dr. Mahmud Yunus., M. Kes.

 

Kata kunci: analisis gerak, instep kick, dartfish

Shooting dalam permainan sepakbola sering menggunakan punggung kaki (instep kick). Instep kick merupakan keterampilan yang paling mendasar dan sering digunakan dalam sepakbola. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membongkar pertahanan lawan dan menciptakan peluang mencetak gol. Namun, tendangan tersebut juga harus dilakukan dengan akurat dan cepat. Jika pemain kurang memahami tentang pengaplikasian tendangan akurat dan cepat mereka tidak akan menghasilkan banyak gol. Faktor yang mempengaruhi akurasi dan kecepatan bola yaitu dari kesalahan pendekatan (cara melakukan) pemain, karakteristik tumpuan kaki yang kurang mendukung, gerakan ayunan kaki ketika menendang dan karakteristik kontak tendangan foot-to-ball. Oleh karena itu dilakukan suatu analisis terhadap aspek gerak pada akurasi dan kecepatan bola.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Dilakukan pada Tim Akademi Arema U-19 Kota Malang yang terdiri dari 15 pemain dengan kualifikasi yang telah ditentukan.

Pengumpulan data dilakukan dengan tes loughborough soccer shooting test kelima belas sampel secara berurutan dimulai dari pemain penyerang sampai pemain bertahan dengan repitisi sebanyak tiga kali. Setelah data terkumpul dilakukan proses analisis dengan dibantu program dartfish dan dihitung sesuai dengan instrumen yang telah tersedia. Aspek dalam instrumen tersebut yakni sudut lutut tendang, sudut lutut tumpuan, sudut kemiringan tungkai, sudut lengan, kecepatan bola dan zona target. Kemudian data akan dilampirkan dalam bentuk gambar beserta penjelasannya

Hasil analisis menunjukkan sudut lutut pemain yang dibuat mendekati 90° akan menghasilkan tendangan yang maksimal, karena transfer energi menjadi optimal, sehingga kecepatan anguler pada sendi lutut menjadi lebih baik. Sudut awalan (45°) ketika melakukan instep kick akan menentukan arah tendangan, selain itu sudut kemiringan tungkai (34°-35,5°) dan abduksi lengan (104°-107°) juga mendukung arah tendangan yang dibuat. Selanjutnya, kekuatan otot masing-masing pemain juga mempengaruhi kecepatan bola . Selain itu diikuti dengan kekuatan pergelangan kaki dan fleksi dari dorsal, kekuatan ekstensi sendi lutut, dan kekuatan ekstensi sendi panggul.

 

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disarankan bahwa perlu adanya kekhususan pada aspek gerakan untuk menghasilkan instep kick yang efektif dan efisien, sehingga dapat memaksimalkan gol pada kesempatan yang didapatkan.