SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERMAINAN BOCCE TERHADAP KETERAMPILAN GERAK MANIPULATIF PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS IV SDLB PUTRA JAYA MALANG TAHUN 2017

Arifatul Uswatun Khasanah

Abstrak


ABSTRAK

 

Pada anak tunagrahita sedang belum mampu menggunakan kemampuan motorik kasarnya secara maksimal, terlihat saat melakukan pembelajaran pendidikan jasmani pada keterampilan manipulatif yang gerakannya kurang maksimal, dikarenakan mengalami kelainan fisik, psikologis, maupun neurologis. Keterampilan yang dimaksud adalah proses gerak melempar yang belum bisa seimbang dan belum tepat pada sasaran yang di tuju. Berdasarkan hasil studi dikarenakan kurang adanya variasi permainan yang menarik untuk memotivasi melakukan pendidikan jasmani. Penelitian ini dilakukan berhubungan dengan keterampilan manipulatif gerak melempar anak tunagrahita sedang kelas IV SDLB Putra Jaya Malang tahun 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan Bocce terhadap keterampilan gerak manipulatif anak tunagrahita sedang SDLB Putra Jaya Malang tahun 2017.

Desain penelitian dalam penelitian ini adalah single subject reasearch (SSR), model desain menggunakan A-B-A dan menggunakan satuan ukur skor. Subjek penelitian adalah anak tunagrahita sedang kelas IV SDLB Putra Jaya Malang tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi.

 

Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh permainan Bocce terhadap keterampilan manipulatif gerak melempar. Hal ini dinyatakan dalam perhitungan presentase overlap fase baseline 1 ke fase intervensi sebesar 0% dan peningktan significan 28%. Perhitungan tersebut menyatakan intervensi memiliki pengaruh terhadap peningkatan target behavior, karena persentase overlap dibawah 90%. Sehingga dapat disimpulkan permainan Bocce mampu meningkatkan keterampilan manipulatif gerak melempar pada anak tunagrahita sedang kelas IV SDLB Putra Jaya Malang 2017.