SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pola Latihan Forehand Overhead Clear terhadap Kemampuan Teknik Pukulan Lob Bulutangkis pada Siswa Ekstrakurikuler SMA N 4 Malang

Taufiq Nur Rachman

Abstrak


ABSTRAK

 

Rachman, Taufiq Nur. 2017. Pengaruh Pola Latihan Forehand Overhead Clear terhadap Kemampuan Teknik Pukulan Lob Bulutangkis pada Siswa Ekstrakurikuler SMA N 4 Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi, M. Kes, (II) Drs. Mulyani Surendra, M. S.

 

Kata Kunci: Bulutangkis, forehand overhead clear, model latihan, pukulan lob.

Bulutangkis adalah permainan yang menggunakan raket sebagai alat untuk memukul shuttlecock sebagai objeknya. Dalam bulutangkis terdapat teknik pukulan lob/ forehand overhead clear. Teknik pukulan lob merupakan pukulan yang penting dalam kualitas permainan seorang atlet, dalam setiap pukulan yang diluncurkan dan juga dalam efektivitas strategi permainan secara keseluruhan. Seperti halnya pada ekstrakurikuler bulutangkis SMA N 4 Malang, model latihan yang digunakan sudah umum dan tidak bervariasi pada saat melakukan latihan servis, smash, dropshot dan pukulan forehand overhead, atlet banyak mengalami kesulitan dan kurang aktif pada saat latihan forehand.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pola Latihan Forehand Overhead Clear terhadap Kemampuan Teknik Pukulan Lob Bulutangkis pada Siswa Ekstrakurikuler SMA N 4 Kota Malang.

Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental.. Adapun rancangan penelitian ini menggunakan rancangan One Group Pretes-Postes Design yaitu kelompok yang diberikan perlakuan, tetapi sebelum perlakuan terlebih dahulu dilakukan tes awal (pretes), dan kemudian di akhir perlakuan dilakukan lagi tes akhir (postes). Populasi dalam penelitian ini adalah anggota ekstrakurikuler bulutangkis SMA N 4 Malang yang berjumlah 20 orang dan sampelnya berjumlah 20 orang. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk mengukur hasil forehand overhead clear siswa peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMA N 4 Malang, digunakan tes lob dari Budiwanto (1979:42). Analisis data yang digunakan untuk mengolah data yang didapat adalah analisis data kuantitatif menggunakan program SPSS Windows Release 23.

 

Berdasarkan hasil data pretes dan data postes yang telah dianalisis  mengunakan SPSS (Statistical Package for Social Science) diketahui nilai signifikansi sebesar 0,046 yang berarti H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa pola latihan forehand overhead clear berpengaruh terhadap kemampuan teknik pukulan lob bulutangkis pada siswa ekstrakurikuler bulutangkis SMA N 4 Malang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai suatu bahan referensi untuk pembinaan dalam kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis.