SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh latihan drill berlevel terhadap kemampuan dribbling pada peserta ekstrakurikuler bolabasket di smp plus al-khautsar malang

Halim hasan mimbar

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasan, Halim Mimbar. 2017. Pengaruh Latihan Drill Berlevel Terhadap Peningkatan Keterampilan Dribbling pada Peserta  Ekstrakurikurer Bolabasket di SMP Plus Al-Khautsar Malang. Skripsi, Ilmu keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi, M.Kes, (II) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes

 

Kata Kunci: Keterampilan dribbling, Bolabasket

Permainan bolabasket merupakan permainan sederhana yang populer diseluruh dunia. Permainan bolabasket merupakan jenis olahraga yang begitu cepat perkembangannya dan menarik perhatian dalam kehidupan manusia, khususnya kaum remaja. Bolabasket adalah suatu permainan yang dilakukan dengan memperebutkan bola dengan tujuan memasukkan bola ke dalam ring lawan dan mempertahankan ring agar tidak kemasukan bola lawan. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan drill berlevel terhadap peningatan keterampilan dribbling pada peserta ekstrakurikuler bolabasket di SMP Plus Al-Khautar Malang.

Penelitian  ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan Sampel yang digunakan adalah peserta Ekstrakurikurer bolabasket SMP Plus Al-Khautar Malang dengan jumlah 15 anak. Adapun rancangan penelitian ini menggunakan rancangan One Group Pretest-Postest Design yaitu kelompok yang diberikan perlakuan, tetapi sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu dilakukan tes awal (pretest), dan kemudian diakhir perlakuan dilakukan lagi tes akhir (postest). Frekuensi latihan 3 kali seminggu sebanyak 16 kali pertemuan.

Hasil dari penelitian ini adalah  dari data Pretest didapat hasil terendah untuk tes zig-zag run adalah 15,59 detik dan tertinggi adalah 17,89 detik sedangkan rata-rata 17,14 detik. Dan pada pengukuran Posttest didapat hasil terendah untuk tes zig-zag run adalah 14,67 detik dan tertinggi adalah 16,97 detik sedangkan rata-rata 16,09 detik. Dari data menunjukan rata-rata perbedaan mean antara Pretest dan Posttest sebesar 1,05 detik. Hasil perhitungan t-hitung menunjukan hasil sebesar 9,490 dengan perhitungan problebilitas 0,0.

 

Dari hasil penelitian maka kesimpulan yang di dapat bahwa latihan drill berlevel berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan dribbling  pada peserta ekstrakurikuler bolabasket di SMP Plus Al-Khautsar Malang. Dan saran yang dapat diberikan berupa perlu diadakan penelitian serupa dengan tambahan latihan yang lebih bervariasi.