SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

hubungan antara kemampuan imagery dan keterampilan dasar futsal pada klub dosis di kecamatan singosari

okky extrada

Abstrak


ABSTRAK

 

Extrada, Okky. 2016. Hubungan antara Kemampuan Imagery dan Keterampilan Dasar Futsal pada Klub Dosis di Kecamatan Singosari. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (1) Dr. Supriyadi, M.Kes, (II) Kurniati Rahayuni, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: KemampuanImagery, Keterampilan Dasar.

Olahraga bukan hanya terdiri dari unsur fisik, taktik dan teknik, melainkan ada unsur lain yang juga berpengaruh yaitu faktor psikologis atau mental. latihan mental untuk olahraga dapat didesain untuk menghasilkan kondisi psikologis dan meningkatkan keterampilan dalam diri atlet yang mengarah pada penampilan maksimal. Jika pelatih hanya melatih kemampuan fisik, taktik dan teknik saja, maka akan terjadi ketimpangan dalam diri atlet, karena dengan demikian faktor yang mendukung pencapaian keterampilan maksimal menjadi kurang lengkap.

Imagery dan keterampilan dasar sangat penting bagi olahraga futsal. Imagery dapat membantu atlet dalam meningkatkan keterampilan dasar saat bermain futsal. Tujuan penelitian ini adalah apakah ada Hubungan Imagery dengan keterampilan Dasar Futsal pada Klub Dosisdi Kecamatan Singosari.

 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh pemain klub Dosis yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes movement imagery kuisioner dan tes keterampilan dasar futsal. Data dianalisis menggunakan pearson product moment correlation.

Hasil korelasi kemampuan imagery dengan keterampilan dasar futsal pada klub Dosis di Kecamatan Singosari adalah rhitung 0,557>rtabel 0,444 dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima.Penerimaan hipotesis H1 tersebut, dapat juga diartikan ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan imagery dengan keterampilan dasar futsal di klub Dosis di Kecamatan Singosari.

 

Perlu disadari bahwa imagery merupakan salah satu faktor pendukung keterampilan dasar futsal.Maka disarankan peneliti, selain latihan fisik, teknik dan taktik, latihan imagery juga perlu untuk dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemain.