SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MANAJEMEN OLAHRAGA SEPAKBOLA DI KLUB AREMA FC U-21

SOFYAN HADI PRATAMA

Abstrak


ABSTRAK

 

M. Sofyan Hadi P. 2017. Manajemen Olahraga Sepakbola Klub Arema FC U 21.Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sapto Adi, M.Kes., (II)Dr. Supriyadi, M.Kes.

 

Kata kunci: manajemen olahraga, sepakbola, Arema FC U 21

Prestasi olahraga suatu bangsa merupakan aset negara yang dapat membanggakan serta membangkitkan persatuan suatu bangsa. Olahraga sepakbolaadalah olahraga yang digemari oleh seluruh masyarakat di dunia termasuk dinegara Indonesia, sepakbola memerlukan perhatian terutama dalam halmanajemen dan pembinaan olahraga sepakbola di klub Arema FC U 21.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi-fungsi manajemenmenurut William Springel dalam organisasi klub Arema FC U 21, yang meliputi:perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan.

Penelitian ini dilaksanakan di klub Arema FC U 21 dari bulan Februarisampai Maret 2017 dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasidan dokumentasi. Populasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah seluruhmanajemen klub yaitu pengurus, pelatih dan pemain. Dengan penentuanresponden secara purposive sampling yang berjumlah 25 orang. Teknik analisisdata menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen olahraga klub Arema FCU 21 sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen yaitu: 1) perencanaan masuk dalamkategori “baik”, sebesar 78%, 2) pengorganisasian masuk dalam kategori “baik”,sebesar 77%, dan 3) Pengawasan masuk dalam kategori “baik”, sebesar 83%.Dengan demikian berdasarkan hasil peneitian dan analisis data keseluruhan dapatdisimpulkan bahwa manajemen olahraga sepakbola klub Arema FC U 21 masukpada kategori baik.

Saran untuk penelitian selanjutnya supaya lebih dilengkapi variabelfungsi-fungsi manajemen organisasi yang belum ada seperti fungsi staffing dandirecting. Sehingga dapat melengkapi penelitian yang sebelumnya.