SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhLatihanvariasiladder exerciseterhadapkelincahan (agility) padaPemain Futsal di SMK Negeri 8 Malang.

sandy tiyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Tiyas, Sandy. 2017. Pengaruh Latihan variasi ladder exercise terhadap kelincahan (agility) pada Pemain Futsal di SMK Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi, M.Kes. (II) Dr. Slamet Raharjo, M.Or.

 

Kata Kunci : Latihan Variasi Ladder Exercise, kelincahan, Futsal.

Kelincahan (agility) merupakan kondisi fisik yang sangat diperlukan dan dimaksimalkan dalam cabang olahraga futsal, Kelincahan pada dasarnya diperlukan atlet futsal agar dapat bergerak ataupun menggiring bola dengan benar, akan tetapi Pada pemain futsal SMK Negeri 8 Malang masih belum bisa memaksimalkan kemampuan fisik terutama kelincahan saat melakukan dribble bola, akibatnya  dalam setiap permainan yang sudah dilaksanakan pemain masih merasa kesulitan saat melakukan dribble ketika akan melewati lawan. hal tersebut juga didukung pada pengambilan data awal yang menunjukan subyek 40 pemain, data menunjukkan 27,5 % sebanyak 11 pemain dalam kategori kurang sekali, 30% sebanyak 12 pemain dalam kategori kurang, 32,5% sebanyak 13 pemain dalam kategori sedang, 10% sebanyak 4 pemain dalam kategori baik dan 0% pemain dalam kategori baik sekali. Ini menunjukkan data yang kurang baik bagi kelincahan pemain futsal SMKN 8 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan variasi ladder exercise terhadap kelincahan pada pemain futsal di SMKN 8 Malang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode quasi exsperimental, dengan rancangan penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ada 40 pemain futsal di SMKN 8 Malang, yang di bagi menjadi dua kelompok yaitu, kelompok eksperimen 20 pemain dan kelompok kontrol 20 pemain, untuk pembagian kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan metode matching. Proses pengambilan data pretest dan posttest menggunakan shuttle run test yang mengacu pada reabilitas sebesar 0,93 dan validitas sebesar 0,87.

Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan uji anova menggunakan SPSS seri 22.0. Berdasarkan dari hasil analisis SPSS uji anova menngunakan one way anova di dapatkan p selisih kelompok eksperimen dan kelompok kontrol = 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut menunjukkan p eksperimen < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan memiliki arti bahwa adanya pengaruh.

Berdasarkan dari analisis SPSS yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian latihan variasi ladder exercise terhadap kelincahan pada pemain futsal di SMKN 8 Malang. Dengan demikian penelitian ini dapat dijadikan refrensi untuk para pemain futsal SMKN 8 Malang sebagai latihan untuk melatih kelincahan, bagi Peneliti selanjutnya dapat dijadikan bahan masukan maupun perbandingan, untuk itu Perlu diadakan penelitian serupa yang lebih lanjut dengan harapan agar  nantinya memberikan hasil eksperimen yang lebih luas terkait dengan hasil latihan tersebut.