SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Olahraga Aerobik Pagi dan Malam Hari terhadap Kadar Hemoglobin Remaja Putri di Asrama Universitas Negeri Malang

Teddy Krisna Aditya

Abstrak


ABSTRAK

Krisna, T.A. 2017. Pengaruh Olahraga Aerobik Pagi dan Malam Hari terhadap Kadar Hemoglobin Remaja Putri di Asrama Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes,  (II) Olivia Andiana, S.Or, M.Kes.

Kata Kunci: Olahraga Aerobik, Pagi dan Malam Hari, Hemoglobin.

            Remaja putri memiliki risiko anemia yang besar dari pada remaja putra karena setiap bulannya mengalami menstruasi. Menstruasi adalah pengeluaran darah dan sel-sel tubuh secara periodik dari vagina yang berasal dari dinding rahim. Dampak dari menstruasi adalah anemia. Olahraga yang teratur dan berkesinambungan dengan dosis yang tepat dalam waktu tertentu dapat meningkatkan kerja fungsional didalam tubuh. sehingga penelitian ini ingin mengetahui apakah ada pengaruh olahraga aerobik yang dilakukan pada pagi dan malam hari terhadap kadar hemoglobin remaja putri.

            Penelitian ini menggunakan rancangan penelitianquasi experimental nonequivalent group design. Sampel pada penelitian ini menggunakan remaja putri usia 18-20 tahun di asrama Universitas Negeri Malang yang dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, masing-masing kelompok berjumlah 12 orang, kelompok 1 (satu) adalah kelompok perlakuan olahraga aerobik pagi hari, kelompok 2 (dua) perlakuan malam hari. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian adalaha intrumen Horiba ABX. Olahraga yang dilakukan adalah olahraga aerobik dengan intensitas sedang dengan 16 kali pertemuan, kemudian sampel di ambil darahnya sebanyak 3Cc dengan di istirahatkan selam 24 jam sebelum di ambil darahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh waktu olahraga aerobik pagi dan malam hari terhadap kadar hemoglobin remaja putri.

            Hasil penelitian berdasarkan analisis data menggunakan uji Analysisof Variance ANOVAdan uji-t data bahwa antara perbedaan kedua kelompom tidak didapatkan terdapat perbedaan secara signifkan, yaitu Sig. > α atau 0.221 > 0.005. tetapi jika dilihat dari masing-masing sampel ada yang mengalami kenaikan kadar hemoglobin. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh secara signifikan terhadap kadar hemoglobin setelah diberi perlakuan olahraga aerobik pagi dan malam hari.

Saran berdasarkan hasil penelitian tersebut, perlu diadakan penelitian yang serupa atau sama dengan jumlah sampel yang berbeda, jenis olahraga, waktu olahraga.