SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Senam Aerobik Intensitas Ringan Dan Sedang Terhadap Kadar LDL Pada Perempuan Obes Di Kota Batu

Agung Budi Suhardiansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Suhardiansyah, Agung Budi. 2016. Pengaruh Senam Aerobik Intensitas Ringan dan Sedang Terhadap Kadar LDL pada Perempuan Obes di Kota Batu. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes., (II) Dr. Slamet Raharjo, S.Pd., M.Or.

 

Kata kunci: Senam aerobik, LDL, obesitas.

Obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat menimbulkan penyakit kardiovaskuler seperti stroke, penyakit jantung koroner dan dislipidemia. Kurangnya aktivitas fisik dan pola makan yang tidak teratur merupakan beberapa faktorpenyebab terjadinya obesitas yang akan menyebabkan terjadinya penumpukan LDL. LDL berperan membawa koleterol dari hati menuju sel dan jaringan tubuh, sehingga ketika LDL terlalu tinggi akan mengakibatkan penumpukan di dinding arteri. Senam aerobik dapat menurunkan kadar LDL dalam tubuh dikarenakan dalam sistem energi aerobik untuk pemenuhan energi utama yaitu denganmemecah lemak. Atas dasar itu maka tujuan penelitian ini akan mengungkap pengaruh senam aerobik terhadap kadar LDL.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Matching Pretest-Posttes Comparison Group Designdengan 2 kelompok yaitu kelompok senam aerobik intensitas ringandan kelompok senam aerobik intensitas sedang. Sampel penelitian yang digunakan adalah perempuan obes yang memiliki IMT >25,0 sebanyak 20 orang. Perlakuan dilakukan dengan durasi 50 menit, 3 kali dalam satu minggu selama 8 minggu.Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan darah dari sampel. Selanjutnya darah dianalisis di laboratorium Biomedik Universitas Muhammadiyah Malang dengan menggunakan alat spectrophometer untuk mengetahui kadarLDL. Kemudian hasil laboratorium kadarLDL akan dianalisis dengan uji-t dua sampel berpasangan dan uji-t dua sampel bebas dengan taraf signifikansi 0.05.

Hasil uji-t dua sampel berpasangan nilai sig < α yakni intensitas ringan 0.001 < 0.05 hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruhsenam aerobik intensitas ringan terhadap kadar LDL pada perempuan obes di Kota Batu. Pada  intensitas sedang 0.001 < 0.05 hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruhsenam aerobik intensitas sedang terhadap kadar LDL pada perempuan obes di Kota Batu.Hasil uji independent sample t-test, memiliki signifikansi sebesar 0,003 < α, Meankadar LDL yang diberi latihan aerobik intensitas sedang dan senam aerobik intensitas ringan (18,2430>3,5942), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara senam aerobik intensitas ringan dengan intensitas sedang terhadapkadar LDLpada perempuan obesdi Kota Batu.