SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Gaya Hidup Sehat pada Santri Putra Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang

Muhammad Fathullah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fathullah, M. 2016. Gaya Hidup Sehat pada Santri Putra Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Saichudin, M.Kes, (II) Dra. Desiana Merawati, M.S.

Kata Kunci: Perilaku Sehat, Perilaku Makan, Aktivitas Fisik, Merokok, Istirahat.

Perilaku seorang santri dalam menjaga kesehatan hendaknya mengikuti anjuran yang sudah ada dalam islam yaitu Al-Qur’an dan Hadits atau perintah dan ajaran, serta mencontoh perilaku Rasulullah SAW. Perilaku yang dilakukan di masa sekarang pada dasarnya dilakukan hanya berdasarkan pada kebiasaan. Kebiasaan yang kurang baik dan tidak sesuai dengan ajaran islam juga dapat mengganggu kondisi kesehatan tubuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya hidup sehat pada santri putra Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang berdasarkan (1) perilaku makan (2) aktivitas fisik (3) perilaku merokok (4) perilaku istirahat atau tidur.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan kuantitatif dan kualitatif deskriptif yang bersifat metode survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Subyek dalam pengumpulan data ini yaitu santri putra Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang, dengan jumlah 48. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, dan kuesioner.

Hasil penelitian untuk perilaku makan 33 santri makan 3 kali dalam sehari dengan mengkonsumsi makanan utama nasi, sayur, dan lauk yaitu 23 santri (48%) pada pagi hari, 27 santri (56%) pada siang hari, dan 30 santri (63%) pada malam hari, aktivitas fisik santri didalam pondok 48 santri (100%) mengikuti pengajian dan 35 santri (73%) melakukan aktivitas luar pondok, 16 santri (33%) santri merokok dan 48 santri (100%) selalu melakukan tidur malam.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah (1) 32 santri (67%) berperilaku hidup sehat dengan memperhatikan perilaku makan, aktivitas fisik, tidak merokok dan memperhatikan istirahat dalam sehari-hari. (2) 16 santri (33%) belum berperilaku sehat karena meskipun telah memperhatikan perilaku makan, aktivitas fisik, dan istirahat masih merokok.