SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LATIHAN TRICEP PRESS DOWN TERHADAP PENINGKATAN DAYA TAHAN OTOT TRICEP BRACHII PADA ATLET PANAHAN PERPANI CABANG KABUPATEN PASURUAN

Muhammad Nor Arif Sulaiman

Abstrak


ABSTRAK

 

Sulaiman, Muhammad, Nor, Arif. 2017. Pengaruh Latihan Tricep Press Down Terhadap Peningkatan Daya Tahan Otot Tricep Brachiipada Atlet Panahan PERPANI Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sapto Adi, M.Kes., (II) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes.

 

Kata kunci: latihan tricep press down, daya tahan otottricep brachii, panahan

Daya tahan yang lebih dominan dalam cabang olahraga panahan adalah daya tahan otot. Daya tahan otot mengacu kepada suatu kelompok otot yang mampu untuk melakukan kontraksi yang berturut-turut salah satunya yaitu otot tricep barchii. Dalam upaya meningkatkan daya tahan otot lengan tricep barchii tersebut ada beberapa metode latihan salah satunya latihan beban, karena aktivitas olahraga panahan pada dasarnya melibatkan dua aktivitas yaitu kontraksi isotonik (menarik busur hingga tarikan penuh) dan kontraksi isometrik (pada saat menahan tarikan dan melakukan bidikan). Dari pengamatan yang peneliti lakukan dan wawancara awal dengan atlet dan pelatih, bahwa dilapangan latihan hanya terfokus pada latihan teknik sehingga mengakibatkan penurunan prestasi. Hal tersebut dikarenakan pola latihan yang diberikan pada atlet di PERPANI Cabang Kabupaten Pasuruan tidak ada penekanan latihan yang bisa menunjang kemampuan fisik salah satunya daya tahan otot tricep brachii.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan tricep press down terhadap peningkatan daya tahan otot tricep brachii pada atlet panahan PERPANI Cabang Kabupaten Pasuruan.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design dengan menggunakan sampel 12 atlet PERPANI Cabang Kabupaten Pasuruan. Cara pengambilan sampel adalah menggunakan sampling jenuh, maka sampel adalah keseluruan dari populasi.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan hasil sebagai berikut. Latihan tricep press down memberikan pengaruh yang signifikan terhadap daya tahan tricep brachiipada atlet panahan PERPANI Cabang Kabupaten Pasuruan (thitung sebesar 64,709 > ttabel = 2,228). Hasil posttest daya tahan tricep brachiisetelah diberi perlakuan latihan tricep press down (mean = 27,906) memberikan hasil yang lebih baik pada daya tahan tricep brachii pada atlet panahan PERPANI Cabang Kabupaten Pasuruan daripada hasil pretest daya tahan tricep brachii sebelum diberi perlakuan latihan tricep press down (mean = 20,982).

Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, latihan tricep press down memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan daya tahan tricep brachii pada atlet panahan PERPANI Cabang Kabupaten Pasuruan. Dan dari hasil penelitian ini penulis menyarankan Pelatih diharapkan dapat lebih kreatif dalam memberikan progam latihan, seperti latihan tricep press down ini yang dapat meningkatkan kemampuan daya tahan tricep brachii dengan maksimal sesuai yang diharapkan.