SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh latihan pliometrik tuck jump terhadap power toto tungkai al-ahly basketball club batu

SHIDQI HAMDI PRATAMA PUTRA

Abstrak


ABSTRAK

 

Bolabasket merupakan jenis olahraga bola besar berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling berlawanan untuk mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Bolabasket sangat cocok untuk dilakukan, karena bisa dimainkan di ruangan olahraga tertutup maupun terbuka dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Sehingga atlet mempunyai power yang baik dapat dilakukan dengan latihan seperti pliometrik tuck jump. Dari teori di atas, peneliti berasumsi bahwa seseorang dengantingkat poweryang baik akan mendukung adanya gerakan melompat pada saat bermain bolabasket menjadi maksimal.Namun atlet Al-Ahly Basketball Club Batu kurang memenuhi aspek tersebut, hal ini dibuktikan dengan kurangnya power otot tungkai saat melakukan gerakan lompatan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan pliometrik tuck jump terhadap peningkatan power otot tungkai atlet Al-Ahly Basketball Club Batu.

Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif serta jenis penelitian ini adalahquasi experimental design dengan menggunakan matching-only design. Subjek penelitian adalah 20 atlet Al-Ahly Basketball Club Batu. Proses pengambilan data pretesdan postes menggunakan tes Vertical Jump dengan 3 kali pengulangan. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan SPSS seri 22.0.

Berdasarkan hasil Anova didapatkan, sig eksperimen 0,009> 0,05, sig  konvensional 0,497 >0,05 dan dari kelompok eksperimen meningkat 8,2 % serta kelompok konvensional -2 %. Dapat ditarik kesimpulan bahwa latihan dari kelompok eksperimen berpengaruh terhadap peningkatan power otot tungkaiatlet Al-Ahly Basketball Club Batu, serta pemberian latihan pliometriktuck jump dapat sebagai referensi tambahan untuk pelatih Al-Ahly Basketball Club Batu.Dengan demikian latihan pliometrik tuck jump bisa menjadi referensi bagi pelatih dalam meningkatkan power otot tungkai  saat melakukan  gerakan melompat dalam permainan bolabasket.