SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Senam Aerobik Intensitas Ringan Dan Sedang Irama Cepat Terhadap Kadar Trigliserida pada perempuan Obes Di Kota Batu

Stivian afifullah putra

Abstrak


ABSTRAK

Putra, Stivian Afifullah. 2016. Pengaruh Senam Aerobik Intensitas Ringan dan Sedang Terhadap Kadar Trigliserida pada Perempuan Obes di Kota Batu. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Slamet Raharjo, M.Or., (II) dr. Rias Gesang Kinanti.

Kata kunci: Senam aerobik, Trigliserida, obesitas.

Senam aerobik merupakan aktifitas fisik yang menggunakan seluruh otot tubuh dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan. Senam aerobik bersifat lama dan mempunyai intensitas ringan sampai sedang karena menggunakan oksigen dan lemak sebagai energinya. Obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan karena bisa memicu terjadinya penyakit kardiovaskuler, obesitas terjadi karena faktor pola makan, gaya hidup, keturunan dan gangguan metabolisme. Senam aerobik dapat mempengaruhi kadar trigliserida pada penderita obesitas, karena pada sistem energiaerobik triglisrida dijadikan sumber energi bersama oksigen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam aerobik intensitas ringan dan sedang terhadap kadar trigliserida.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Matching Pretest-Posttes Comparison Group Design dengan 2 kelompok yaitu kelompok senam aerobik intensitas ringandan kelompok senam aerobik intensitas sedang. Sampel penelitian yang digunakan adalah perempuan obes yang memiliki IMT >25,0 sebanyak 20 orang. Penelitian dilakukan selama 8 minggu.

Pengumpulan data dilakukan dengan memeriksa kadar trigliserida darah menggunakan alat spectrophometer.Kemudian hasil laboratorium kadar trigliserida akan dianalisis menggunakan uji-t dua sampel berpasangan dan uji-t dua sampel bebas dengan taraf signifikansi 0.05.

Hasil uji-t dua sampel berpasangan nilai sig < α yakni intensitas ringan 0,00