SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LATIHAN MODERAT DENGAN MENDENGARKAN MUSIK KLASIK TERHADAP JUMLAH SEL α DAN β PULAU LANGERHANS PADA TIKUS WISTAR DIABETES MELLITUS

Waluyo Dwi Saputro

Abstrak


ABSTRAK

Saputro, Waluyo Dwi.2016. Pengaruh Latihan Moderat Dengan Mendengarkan Musik Klasik Terhadap Jumlah Sel α Dan β Pulau Langerhans Pada Tikus Wistar Diabetes Mellitus. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sugiharto, M.S (II) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes.

Kata Kunci: Latihan Moderat, Musik Klasik, Diabetes Mellitus, Sel Pulau Langerhans

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latihan moderat dengan mendengarkan musik klasik dapat memperbaiki jumlah sel α dan β pulau langerhans terhadap diabetes mellitus dengan menggunakan sampel hewan coba tikus putih jantan dengan jenis rattus norvegicus strain wistar berjumlah 13 ekor yang terbagi menjadi 4 kelompok yaitu kontrol, latihan moderat, latihan moderat dengan mendengarkan musik dan mendengarkan musik. Perlakuan berupa latihan treadmill.

Metode penelitian menggunakan Random Control Group Posttest-Only Design, yang digunakan untuk membandingkan kelompok kontrol, kelompok latihan moderat, kelompok latihan moderat dengan mendengarkan musik klasik dan kelompok musik klasik. Perlakuan pada hewan coba dilakukan selama 12 minggu dan3 kali dalam seminggu, waktu perlakuan dilakukan pada sore hari. Sebelum perhitungan jumlah sel pulau langerhans dilakukan, terlebih dahulu dilakuan pewarnanaan HE pada organ pankreas hewan coba, sedangkan analisis data menggunakan uji beda Anova dengan taraf signifikasi 0.01.

Berdasarkan hasil analisis data, diartikan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok latihan dengan mendengarkan musik dengan kelompok kontrol  (Sig. P< 0.01), sedangkan kelompok latihan moderat dan kelompok musik tidak terdapat perbedaan (Sig. P> 0.01). Namun bila dilihat dari kecenderungan nilai rerata jumlah sel pulau kelompok latihan moderat (sel α = 12,67; sel β= 19,44) dan kelompok musik klasik (sel α 12,78; sel β = 20,22) terjadi kecenderungan peningkatan jumlah sel pulau kelompok musik klasik dibandingkan dengan kelompok latihan moderat.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa latihan moderat dengan mendengarkan musik klasik, latihan moderat dan musik klasik mempunyai pengaruh yang berbeda terhadap peningkatan jumlah sel pulau langerhans.