SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengembanganMultimedia InteraktifPermainanWoodballdi PusdikArhanud Kota Batu

nata yulian

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

 

Yulian,Nata. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif PermainanWoodb alldi Pusdik Arhanud Kota Batu. Skripsi, JurusanIlmuKeolahragaan, FakultasIlmuKeolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Supriatna, M.Pd, M.S (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd

Kata Kunci:media,teknikdasar,peraturan, woodball

Berdasarkan hasil observe awal untuk analisis kebutuhan di Pusdik Arhanud dari 25 orang 80% posisi tubuh belum menguasai sikap sempurna dalam memukul, 76% belum memahami cara memegang mallet, 80% tidak bisa melakukan teknik-teknik pukulan, 88% belum mengetahui peraturan permainan Wood ball, sebanyak 96% membutuhkan media permainan dan teknik wood ball dan sebanyak 92% setuju dilakukan pengembangan media interaktifuntuk Wood ball.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang adayaitu dengan mengembangkan model pembelajaran teori dan peraktik permainan wood ball berbasis multimedia .Metode penelitianini mengacu pada model pengembangan research and development(R&D) dariBorg dan Gall.Sedangkan analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, ujicoba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.

Dari hasilPengembanganMultimedia Interaktif Permainan Wood ball di Pusdik Arhanud Kota Batu diperoleh data sebagai berikut: (1) justifikasi ahli permainan 86% (sangat baik),(2)justifikasi ahli media sebesar 75% (baik),  (3) uji coba kelompok kecil sebesar 86% (sangat baik), (4) uji coba tahap kelompok besar sebesar88,3% (sangat baik).

Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model Pengembangan Multimedia Interaktif Permainan Wood ball di Pusdik Arhanud Kota Batu. Sesuai untuk dilakukan, mudah untuk dilakukan, serta bermanfaat untuk pemain wood ball Produk Pengembangan Multimedia Interaktif Permainan Wood balldi Pusdik Arhanud Kota Batu,diharapkan meningkatkan semangat, antusias dalam latihan dan untuk dijadikan referensi oleh pelatih dalam mensosialisasikan olahraga wood ball. Dalam pemanfaatannya diperlukan pertimbangan tentang situasi, kondisi dan di sesuaikan dengan kebutuhan pada saat itu.