SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LATIHAN PILATES TERHADAP PENURUNAN TINGKAT INTENSITAS NYERI HAID (DYSMENORRHEA) PADA REMAJA PUTRI USIA 15-18 TAHUN SMK NEGERI 6 MALANG

Khairul Bahri

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Dysmenorrhea primer adalah nyeri haid tanpa ditemukan hubungan dengan kelainan ginekologik. Dysmenorrhea primer berhubungan dengan siklus ovulasi dan disebabkan oleh kontraksi miometrium sehingga terjadi iskemia akibat sekresi prostaglandin yang berlebih. Dysmenorrhea primer merupakan salah satu masalah umum yang terjadi pada wanita yang sebagian besar terjadi pada remaja putri. Sangat mengganggu aktivitas belajar bagi remaja di sekolah karena mengharuskan beristirahat bahkan meninggalkan kegiatan belajar mengajar, sehingga dapat menyebabkan menurunnya prestasi belajar siswi. Penanganan Dysmenorrhea primer dapat dilakukan dengan cara nonfarmakologi yaitu dengan aktivitas fisik senam pilates. Latihan Senam pilates adalah salah satu bentuk olahraga mengolah tubuh yang mengkombinasikan latihan kelenturan, kekuatan, dan pernapasan yang dapat meningkatkan sistem neuromuscular untuk mengontrol, melindungi inti tubuh, tulang belakang dan menurunkan nyeri. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh latihan pilates terhadap penurunan tingkat intensitas nyeri haid (dysmenorrhea) pada remaja putri usia 15-18 tahun SMK Negeri 6 Malang.

Rancangan penelitian yang dipakai adalah one group pretest posttest design yang termasuk dalam penelitian pra eksperimen dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 30 orang dijadikan dalam satu kelompok. Intrumen yang digunakan dalam penelitian adalah Numeric Rating Scale (NRS).

Dari hasil analisis data hasil Numeric Rating Scale (NRS) diperoleh nilai t-hitung 14,102 > 2,045 t-tabel. Selanjutnya nilai probabilitas menunjukkan bahwa sig. < α, yakni 0,00 < 0,05. Uji hipotesis menunjukkan H0 ditolak, artinya latihan pilates berpengaruh nyata terhadap penurunan intensitas nyeri haid (dysmenorrhea) pada remaja putri usia 15-18 tahun SMK Negeri 6 Malang.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa latihan senam pilates memiliki pengaruh terhadap penurunan intensitas nyeri haid (dysmenorrhea) pada remaja putri SMK Negeri 6 Malang. Untuk penelitian selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini dengan mengontrol subjek, sehingga tidak terdapat faktor lain yang berpengaruh terhadap intensitas nyeri haid (dysmenorrhea).