SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survey Tentang Minat Siswa Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 4 Malang

Muhammad Ridho Ilyasa

Abstrak


ABSTRAK

 

Muh, Ridho Ilyasa. 2011 Survey minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 4 Malang. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Pembimbing (1) I Nengah Sudjana, M.Pd., (2) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata kunci: minat, kegiatan ekstrakurikuler olahraga

Dalam upaya meningkatkan pendidikan setiap sekolah banyak hal yang harus diperhatikan baik di luar maupun di dalam sekolah. Setiap siswa dan guru juga perlu turut andil dalam setiap kegiatan yang ada di sekolah. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah cara agar mencapai suatu pendidikan yang berkualitas. Salah satunya yaitu kegiatan seperti pengembangan diri bagi para siswa yang sesuai dengan kemampuan sehingga dapat mengembangkan kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari para siswa. Berdasarkan hasil observasi awal pada bulan agustus 2014 di SMA Negeri 4 Malang terdapat 5 cabang ekstrakurikuler olahraga yang masih aktif dan juga memiliki fasilitas yang masih bisa digunakan, namun masih banyak siswa yang bermalas-malasan atau sekedar hanya bermain dan bergurau tanpa adanya semangat yang muncul dari setiap diri siswa. Mengapa mereka kurang berminat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga?. Jadi Peneliti  berupaya untuk meneliti bagaimana atau seberapa besar minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 4 Malang. 

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 4 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 4 Malang. 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian statistik deskriptif persentase. Pada penelitian ini sampel yang diambil adalah 20% dari total populasi per kelas dengan jumlah total 606 siswa dan siswi, yaitu kelas X dan kelas XI. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster sampling (sampel kelompok) yang bertujuan agar subjek penelitian tidak terpusat pada satu kelompok tertentu, dimana nantinya pada setiap kelompoknya akan diambil 20% dari jumlah siswa dan siswi kelas X dan Kelas XI dengan jumlah 117 sampel penelitian.

Hasil penelitian ini secara umum telah di ketahui nilai persentase minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 4 Malang adalah sebesar 77,61%. Secara khusus dilihat dari ketiga sub variabel perhatian dengan nilai 78,62%, kemauan 77,99%, dan kesenangan 76,23%. Jadi keberadaan ekstrakurikuler yang ada di SMA Negeri 4 Malang mendapat respon yang baik bagi para siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan tersebut.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara umum minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 4 Malang termasuk dalam kategori baik. Secara khusus dilihat dari aspek perhatian termasuk dalam kategori baik, kemauan termasuk dalam kategori baik, dan kesenangan termasuk dalam kategori baik. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan pihak sekolah lebih memperbaiki lagi minat siswa di sekolah terutama pada kegiatan ekstrakurikuler olahraga.