SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Siswa Kelas 5 terhadap Permainan Outbound di SDN Catak Gayam 1 Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang

Septiana Jami'ah Shollikhatus

Abstrak


ABSTRAK

 

Shollikhatus, S. J.  2015. Persepsi Siswa Kelas 5 terhadap Permainan Outbound di SDN Catak Gayam 1 Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sugiharto, M.S, (II) Drs. Agus Tomi, M.Pd.

 

Kata kunci: persepsi, outbound,  kerjasama, tanggung jawab, percaya diri

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peesepsi siswa kelas 5 terhadap permainan outbound. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas 5 SDN Catak Gayam 1 yang berjumlah 43 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dengan 3 aspek yang diungkap yaitu percaya diri, kerjasama, dan tanggung jawab. Selanjutnya permainan outbound yang diberikan selama 8 minggu berupa permainan untuk meningkatkan aspek percaya diri, kerjasama, dan tanggung jawab dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Analisis data menggunakan analisis distribusi frekuensi relatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa outbound berpengaruh terhadap persepsi  percaya diri siswa sebesar 92%, kerjasama siswa sebesar 81%, dan tanggung jawab siswa sebesar 86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa outbound dapat meningkatkan percaya diri, kerjasama, dan tanggung jawab pada siswa kelas 5 SDN Catak Gayam 1 Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Pola permainan outbound diharapkan dapat dimodifikasi untuk pendidikan karakter dan diaplikasikan pada pembelelajaran pendidikan jasmani di sekolah.