SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Agility wheel Terhadap Kemampuan Footwork Siswa Ekstrakurikuler Bulutangkis SMA N 4 Malang

Achmad Riva

Abstrak


ABSTRAK

 

Riva, Achmad. 2015. Pengaruh Latihan Agility wheel Terhadap Kemampuan Footwork Siswa Ekstrakurikuler Bulutangkis SMA N 4 Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi, M.Kes, (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: bulutangkis, agility wheel, kemampuan, footwork

Footwork merupakan dasar untuk bisa menghasilkan pukulan yang berkualitas dan terarah yaitu apabila dilakukan dengan posisi yang benar. Teknik dasar footwork sangat penting dalam jalannya permainan bulutangkis karena penempatan posisi kaki pada saat memukul shuttlecock akan berpengaruh terhadap pukulan yang dihasilkan. Berdasarkan hasil awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan teknik dasar footwork siswa estrakurikuler bulutangkis SMA N 4 Malang ternyata masih kurang menguasai teknik dasar ini, karena kecendrungan pelatih hanya memakai pola latihan langkah kaki sehingga atlet merasa jenuh dan akan berdampak pada latihan yang kurang serius.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan footwork dengan variasi latihan agility wheel agar atlet tidak merasa jenuh terhadap latihan yang sering diberikan, dengan harapan atlet dapat mempunyai teknik dasar footwork yang bagus dan lebih aktif dalam sesi latihan sehingga dapat mempermudah pemahaman teknik dasar footwork sekaligus peningkatan kemampuan footwork.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimental. Adapun rancangan penelitian ini menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design yaitu kelompok yang diberikan perlakuan, tetapi sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu dilakukan tes awal (pretest) dan kemudian diakhir perlakuan dilakukan lagi tes akhir (posttest).

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahawa nilai t-hitung 4,790 ≥ t-tabel 2,093 dengan taraf signifikansi 5%, kesimpulannya adalah ada pengaruh latihan agility wheel terhadap kemampuan footwork siswa ekstrakurikuler bulutangkis SMA N 4 Malang. Maka hasil uji hipotesis yaitu H1 diterima dan H0 ditolak.

Untuk penelitian lebih lanjut perlu diadakanya penelitian mengenai footwork bulutangkis dengan menggunakan latihan yang lebih bervariasi atau model latihan play and game agar lebih menarik dan menyenangkan serta pemberian variabel kontrol agar nantinya didapatkan hasil yang lebih valid.