SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Pliometrik Barrier Hops Terhadap Peningkatan Prestasi Tendangan ke Gawang (Shooting) Pada Sekolah Sepakbola (SSB) Indonesia Muda Kota Malang

Wahyudi Wahyudi

Abstrak


ABSTRAK

 

Sepakbola adalah sebuah permainan beregu yang dimainkan masing-masing sebelas pemain termasuk seorang penjaga gawang. Ada beberapa teknik dasar untuk bermain sepakbola, salah satu teknik dasar tersebut adalah shooting atau tendangan ke gawang. Keterampilan shooting siswa sekolah sepakbola Indonesia Muda Kota Malang dinilai kurang maksimal, hal tersebut disebabkan latihan yang diberikan pelatih kurang bervariasidan monoton. Salah satu latihan untuk meningkatkan prestasi shooting bola ke gawang adalah dengan menggunakan latihan pliometrik barrier hops.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan pliometrik barrier hops terhadap peningkatan prestasi shooting siswa sekolah sepakbola Indonesia Muda Kota Malang.

Rancangan penelitian yang dipakai adalah eksperimen yang dilakukan kepada siswa sekolah sepakbola Indonesia Muda Kota Malang dengan rentang usia 13-15 tahun. Jumlah sampel 30siswa dan dibagi dalam dua kelompok dengan teknik ordinal pairing matching. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes shooting sepakbola. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian satu jalur (One Way Anova).

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis Uji t amatan ulangan masing-masing kelompok latihan dengan menggunakan uji t pada taraf signifikasi 0,05, diperoleh t hitung sebesar 66,910 > t tabel 2,145 untuk kelompok latihan barrier hops dan latihan komando diperoleh t hitung sebesar 4,848 > t tabel 2,145. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tes awal dengan tes akhir prestasi tendangan ke gawang (shooting) dari masing-masing kelompok latihan.

Saran yang dapat diberikan kepada pelatih SSB Indonesia Muda Kota Malang, sebaiknya menggunakan latihan pliometrik barrier hopssebagai bentuk latihan untuk meningkatkan prestasishooting, karena perolehan hasil penelitian yang telah dilakukan ternyata latihan pliometrik barrier hopsmemberikan pengaruh yang lebih baik daripada latihan komando terhadap peningkatan prestasi tendangan ke gawang (shooting) siswa SSB Indonesia Muda Kota Malang.