SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Olahraga Intensitas Moderate Dan Intensitas Tinggi Dengan Musik Tempo Cepat (Allegro) Terhadap Tingkat Ketebalan Dinding Ventrikel Kiri Jantung Pada Tikus Rattus Norvegicus Strain Wistar

Faris Pamungkas

Abstrak


ABSTRAK

 

Pamungkas, Faris. 2015. Pengaruh Olahraga Intensitas Moderate Dan Intensitas Tinggi Dengan Musik Tempo Cepat (Allegro) Terhadap Tingkat Ketebalan Dinding Ventrikel Kiri Jantung Pada Tikus Rattus Norvegicus Strain Wistar. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sugiharto, M.S. (II) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes

 

Kata Kunci : olahraga intensitas moderate, olahraga intensitas tinggi, musik, ketebalan ventrikel kiri jantung.

 

Penyakit jantung merupakan penyakit karena disfungsi pada kerja jantung yang diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu gaya hidup, aktivitas fisik, genetik, dan lingkungan. Jantung berfungsi sebagai pompa darah melalui pembuluh darah untuk memberikan oksigen dan nutrisi ke dalam tubuh. Ventrikel kiri merupakan bagian dari jantung yang merupakan bagian paling penting dalam mendistribusikan darah keseluruh tubuh. Kerja jantung diatur oleh saraf pusat yang diteruskan saraf otonom yang memiliki dua saraf yaitu saraf simpatik dan saraf parasimpatik. Olahraga yang dilakukan dengan intensitas yang tepat dapat berperan meningkatkan fungsi kerja jantung sehingga menurunkan tingkat kerusakan jantung. Namun tidak semua olahraga baik untuk tubuh, bahkan dapat menjadi stressor yang dapat berakibat terganggunya metabolik dan kinerja jantung. Musik dapat menjadi stimulator bagi tubuh saat berolahraga dengan cara menurunkan sekresi hormon kortisol, meningkatkan endorfin, dan norepineprine. Musik merupakan stimulator yang baik digunakan untuk relaksasi maupun meningkatkan kinerja fisik.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh olahraga intensitas moderate dan olahraga intensitas tinggi dengan musik tempo cepat (allegro) terhadap ketebalan dinding ventrikel kiri jantung serta menemukan berbagai masalah yang terkait dengan faktor status metabolik, intensitas olahraga dan musik. Prosedur pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode Random Control Group Posttest-Only Design, subyek berupa tikus jenis rattus norvegicus wistar putih, jantan sejumlah 24 ekor, terbagi atas 3 kelompok perlakuan yaitu kelompok kontrol dengan musik allegro, kelompok olahraga intensitas moderate kecepatan 14-16 meter/menit sama dengan 8 rpm dan setara (65-70 % VO2Max) dengan musik allegro, dan kelompok olahraga intensitas tinggi kecepatan 22-25 meter/menit sama dengan 13 rpm setara (80 % VO2Max) dengan musik allegro.

Hasil penelitian menunjukan rerata ± SD ketebalan ventrikel kiri jantung pada kelompok kontrol (2245,52±292,22), kelompok olahraga moderate dengan musik allegro (2523,27±307,75), kelompok olahraga intensitas tinggi dengan musik allegro (2581,76±331,99). Berdasarkan uji beda tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara olahraga moderate dengan musik allegro dengan olahraga intensitas tinggi dan musik allegro dengan kelompok kontrol dengan musik allegro (Sig. > 0,01). Kesimpulan dari hasil pelaksanaan olahraga intensitas moderate dan olahraga intensitas tinggi dengan musik tempo allegro tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap ketebalan ventrikel kiri jantung.