SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBANDINGAN MINAT MENGGUNAKAN BOLAVOLI GANDU DAN BOLAVOLI STANDAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN SISWA KELAS V SDN SELOKGONDANG 02 LUMAJANG

Frian Arif Dharma Setiawan, Frian Arif Dharma Setiawan

Abstrak


Abstrak

 

 

Setiawan, Frian Arif Dharma. 2014. Perbandingan Minat Menggunakan Bolavoli Gandu Dan Bolavoli Standar Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Siswa Kelas V SDN Selokgondang 02 Lumajang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Asim, M. Pd., (II) Dra. Sri Purnami M. Pd.

 

Kata Kunci: minat siswa, pendidikan jasmani, bolavoli gandu, bolavoli standar, SDN

 

Pendidikan jasmani adalah suatu bentuk pendidikan yang dilakukan secara sadar, intensif, dan sistematis yang bertujuan mengembangkan induvidu secara organik, neuromuskuler, intelektual, dan emosional untuk meningkatkan kemampuan ketrampilan psikomotorik, koqnitif, dan afektif. Pendidikan jasmani dan kesehatan lebih mengutamakan aktifitas jasmani sebagai upaya dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji minat siswa terhadap bolavoli gandu, untuk mengkaji minat siswa terhadap bolavoli standar dan untuk mengkaji perbandingan minat menggunakan terhadap bolavoli gandu dan bolavoli standar siswa SDN Selokgondang 02 Lumajang.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan rancangan survei, Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Selokgondang 02 Lumajang. Populasi diambil 100% yang berjumlah 32 siswa. Untuk Penelitian ini populasi digunakan untuk meneliti dua objek yaitu bolavoli gandu dan bolavoli standar.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata minat siswa kelas V SDN Selokgondang 02 Lumajang terhadap pembelajaran bolavoli gandu adalah 108 berada pada rentang skor 18,2-22,3 yang menyatakan minat siswa terhadap bolavoli gandu termasuk dalam kategori sedang. Rata-rata minat siswa kelas V SDN Selokgondang 02 Lumajang terhadap pembelajaran bolavoli standar adalah 108 berada pada rentang skor 15,4 - 18,1 yang menyatakan minat siswa terhadap bolavoli standar termasuk dalam kategori rendah. Hasil uji-t menunjukkan nilai Sig. (0.000