SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Latihan Lob terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Pukulan Lob pada Peserta Ekstrakurikuler Bulutangkis di SMA Negeri 4 Pasuruan

Gyta Krisdiana Cahyaningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyaningrum, Gyta Krisdiana. 2015. Pengaruh Model Latihan Lob terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Pukulan Lob pada Peserta Ekstrakurikuler Bulutangkis di SMA Negeri 4 Pasuruan. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sapto Adi, M.Kes., (II) Dr. Saichudin, M.Kes.

 

Kata Kunci: media pelatihan dan drilling lob, keterampilan pukulan lob.

 

Bulutangkis merupakan permainan yang dimainkan menggunakan sebuah raket dan shuttlecock yang dipukul melewati net. Dalam permainan bulutangkis, pukulan lob merupakan salah satu teknik dasar yang memiliki peranan penting dalam permainan bulutangkis. Berdasarkan hasil observasi penelitian pada kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis di SMA Negeri 4 Pasuruan menunjukkan gerakan pukulan lob yang dilakukan belum sesuai dengan indikator pada teknik dasar dalam melakukan pukulan lob. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan keterampilan teknik dasar pukulan lob yaitu dengan menggunakan model latihan lob.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh model latihan lob dengan media pelatihan berupa tayangan video dan drilling lob terhadap peningkatan keterampilan teknik dasar dan kemampuan pukulan lob pada peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMA Negeri 4 Pasuruan.

Rancangan penelitian yang dipakai adalah the non-randomized control group pretest posttest designyang termasuk dalam penelitian ekperimensemu denganpopulasi penelitian pada peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 4 Pasuruan berjumlah 37 orang dan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 30 orang dan dibagi dalam dua kelompok dengan menggunakan teknik  purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah 1) analisis gerak pukulan lob, 2) tes pukulan lob forehand bulutangkis.

Dari hasil pengujian hipotesis melalui uji t:1) hasilanalisis gerak keterampilan pukulan lobpada kelompok perlakuandiperoleh t hitung 46,540 > 2,145 t tabel,pada kelompok kontrol diperoleh t hitung sebesar 21,500 > 2,145 t tabel, selisih hasil analisis gerak pada kedua kelompokdiperoleh t hitung 20,088> 2,145 t tabel, 2) hasil kemampuan keterampilan pukulan lob pada kelompok perlakuandiperoleh 30,386 > 2,145 t tabel, pada kelompok kontrol diperoleh t hitung 25,947 > 2,145 t tabel, selisih hasil kemampuanpukulan lob pada kedua kelompok diperoleh t hitung 14,127> 2,145 t tabel. Uji hipotesis 1) dan 2) menunjukkan H0 ditolak, artinya model latihan lobberpengaruh nyata terhadap peningkatan keterampilan dasar teknik pukulan lob forehand bulutangkis bagi peserta latihan ekstrakurikuler bulutangkis SMA Negeri 4 Pasuruan.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut,dapat disimpulkan bahwa model latihan lob dengan media pelatihan berupa tayangan video dan drilling lob menunjukkan adanya perbedaan pengaruh terhadap pre-tes dan pos-tes,baik kelompok perlakuanmaupun kelompok kontrol pada peningkatan keterampilan teknik dasar dan kemampuan pukulan lob pada peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMA Negeri 4 Pasuruan.