SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBANDINGAN LATIHAN DRIBBLING MENGGUNAKAN BOLA TENIS DAN BOLA SEPAKBOLA TERHADAP HASIL KECEPATAN DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA USIA 9-12 TAHUN DI SSB PORMA MADYOPURO KOTA MALANG

FEBRY KURNIAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan, Febry. 2015. Perbandingan Latihan Dribbling Menggunakan Bola Tenis dan Bola SepakbolaTerhadap Hasil Kecepatan Dribbling dalam Permainan Sepakbola pada Siswa Usia 9-12 Tahun di SSB Porma Madyopuro Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahrgaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. H. Agus Gatot S, M. Kes (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd

 

Kata Kunci : Dribble, Bola Tenis, Bola sepakbola.

 

Sepakbola adalah salah satu cabang olahraga permainan yang menuntut keterampilan tinggi. Bagian mendasar yang harus dikuasai untuk dapat bermain sepakbola dengan baik adalah penguasaan teknik dasar sepakbola. Teknik dasar bermain sepakbola adalah kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan dalam memainkan bola, salah satunya adalah menggiring bola (dribbling). Dribbling adalah gerakan lari yang menggunakan kaki mendorong bola agar bergulir terus menerus diatas rumput lapangan, dan hanya dilakukan pada saat yang menguntungkan saja atau bebas dari lawan.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan dribblingmenggunakan bola tenis dan latihan dribbling menggunakanbola sepakbola terhadap hasil kecepatan dribbling dalam permainan sepakbola pada siswa usia 9-12 tahun di SSB Porma Madyopuro Kota Malang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental. Dasar penggunaan metode ini adalah kegiatan percobaan yang diawali dengan  pretest selanjutnya diberikan perlakuan kepada subyek dan diakhiri dengan suatu bentuk tes guna mengetahui pengaruh perlakuan yang telah diberikan.

Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan yaitu hasil pretest dan posttest terhadap siswa SSB Porma Madyopuro Kota Malang menunjukkan data-data yang berdistribusi normal berdasarkan hasil uji normalitas. Hal tersebut berarti data hasil penelitian berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan hasil pretest dan posttest juga menunjukkan hasil yang homogen atau sama berdasarkan hasil uji homogenitas. Hasil uji t pada pretest adalah t hitung sebesar 0,4571 dan t tabel sebesar 2,048. Berdasarkan uji t(t-test) pada pretest data kelompok A dan B menunjukkan hasil yang tidak berbeda secara signifikan. Artinya kondisi kelompok A dan B sebelum diberi perlakuan seimbang. Sedangkan hasil uji t pada posttest adalah t hitung sebesar 0,0623 dan t tabel sebesar 2,048 sehingga uji t(t-test) pada posttest data kelompok A dan B menunjukkan hasil yang tidak berbeda secara signifikan. Hal tersebut berarti latihan dribbling dengan bola tenis dan latihan dribbling dengan bola sepakbola tidak berpengaruh terhadap kecepatan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada siswa usia 9-12 tahun di SSB Porma Madyopuro Kota Malang.