SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI TENTANG MANAJEMEN KLUB SEPAKBOLA PERSPA (PERSATUAN SEPAKBOLA PACITAN) TAHUN 2015

MOKHAMMAD MUNNA KHABIBYI

Abstrak


ABSTRAK

 

Khabibyi, Mokhammad Munna. 2015. Studi Tentang Manajemen Klub Sepakbola PERSPA (Persatuan Sepakbola Pacitan) Tahun 2015. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahrgaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd (II) Drs. H. Agus Gatot S, M. Kes

 

Kata Kunci : Manajemen, sarana dan prasarana, pemain dan pelatih, Klub Sepakbola PERSPA.

 

Sepakbola merupakan olahraga yang paling banyak digemari orang tanpa mengenal batasan umur, jenis kelamin ataupun status sosial. Sepakbola telah menjadi olahraga popular mengalahkan olahraga lainnya. Tidak terkecuali di Kabupaten Pacitan yang terletak diperbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Akses jalan raya yang sulit membuat Kabupaten Pacitan disebut sebagai tempat pelosok. Kabupaten Pacitan mempunyai sebuah klub sepakbola bernama PERSPA (Persatuan Sepakbola Pacitan) yang berdiri tahun 1980. Akan tetapi hingga saat ini klub PERSPA belum pernah mengikuti liga tingkat satu Indonesia yang biasa disebut Liga Super Indonesia.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui manajemen klub sepakbola PERSPA (Persatuan Sepakbola Pacitan) tahun 2015, untuk mengetahui sarana dan prasarana klub sepakbola PERSPA, dan untuk mengetahui pemain dan pelatih klub sepakbola PERSPA.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan persentase. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kuisioner. Observasi dan wawancara dilaksanakan untuk menguatkan data yang diperoleh dari kuisioner. Data hasil dari kuisioner diolah dalam bentuk angka dengan hasil akhir berupa persentase yang dihitung dengan cara menjumlahkan jawaban, kemudian dibandingkan dengan jumlah skor yang diharapkan atau skor maksimal dan diperoleh persentase.

Hasil dari penelitian tentang manajemen klub sepakbola PERSPA tahun 2015 adalah 1) variabel perencanaan masuk dalam kategori cukup dengan persentase 74,28%, 2) variabel pengorganisasian masuk dalam kategori cukup dengan persentase 70,41%, 3) variabel penggerakan masuk dalam kategori baik dengan persentase 75,89%, 4) variabel pengawasan masuk dalam kategori baik dengan persentase 85%.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga  kesimpulan sebagai berikut. Pertama, manajemen klub sepakbola PERSPA (Persatuan Sepakbola Pacitan) pada tahun 2015 masuk dalam kategori baik dengan persentase 75,95%. Kedua, sarana dan prasarana yang dimiliki klub sepakbola PERSPA saat ini sudah lengkap, baik yang digunakan untuk melakukan latihan atapun  digunakan untuk pertandingan. Ketiga, pemain yang dimiliki klub sepakbola PERSPA saat ini merupakan pemain usia 16 tahun yang dipersiapkan dalam menghadapi Piala Soeratin U-17 tahun 2015. Pelatih kepala M. Mastur Alfian akan digantikan oleh Aris Wahyudi dalam menghadapi Piala Soeratin tahun 2015.