SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MASASE OLAHRAGA UNTUK PEMANASAN ATLET BULUTANGKIS PB PENDTIUM MALANG

Afief Ainur Rofiq

Abstrak


ABSTRAK

 

Rofiq, Afief Ainur. 2015. Pengembangan Masase Olahraga untuk Pemanasan Atlet Bulutangkis PB PENDTIUM Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S., (II) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes.

 

Kata Kunci: masase olahraga, pemanasan, bulutangkis

 

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan peneliti kepada 30 atlet dan 1 pelatih bulutangkis PB PENDTIUM Malang pada tanggal 14 Desember 2014, melalui penyebaran kuesioner analisis kebutuhan (need assessment) didapatkan hasil sebagai berikut: atlet bulutangkis PB PENDTIUM Malang menyatakan sebelum latihan/pertandingan selalu melakukan pemanasan, atlet dan pelatih bulutangkis PB PENDTIUM setuju dikembangkan masase olahraga untuk pemanasan, atlet dan pelatih bulutangkis PB PENDTIUM juga membutuhkan media dan panduan dalam melaksanakan masase olahraga untuk pemanasan bulutangkis yang dikemas dalam bentuk buku panduan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan masase olahraga untuk pemanasan pada atlet bulutangkis untuk membantu meningkatkan kemampuan kerja fisik dan mencegah terjadinya cedera saat latihan atau pertandingan. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat bermanfaat untuk atlet bulutangkis PB PENDTIUM Malang.

Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development (R&D) dari Borg dan Gall. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari hasil penelitian awal (analisis kebutuhan), hasil evaluasi ahli, hasil uji coba kelompok kecil dan hasil uji coba kelompok besar.

Hasil pengembangan masase olahraga untuk pemanasan atlet bulutangkis PB PENDTIUM Malang diperoleh data sebagai berikut: (1) hasil justifikasi ahli masase sebesar 89,86% (sangat baik), (2) hasil justifikasi ahli kepelatihan bulutangkis sebesar 75% (baik), (3) hasil justifikasi ahli media sebesar 77,42% (baik),  (4) hasil uji coba kelompok kecil sebesar 87,17% (sangat baik), (5) hasil uji coba kelompok besar sebesar 90,37% (sangat baik). Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa masase olahraga untuk pemanasan bagi atlet bulutangkis PB PENDTIUM Malang menarik untuk dipelajari, mudah untuk dipahami, mudah untuk dilakukan, baik untuk dilakukan pada olahraga bulutangkis, serta bermanfaat untuk atlet bulutangkis PB PENDTIUM Malang.

 

Produk yang dikembangkan berupa masase olahraga untuk pemanasan atlet yang khusus dilakukan untuk olahraga bulutangkis di PB PENDTIUM Malang. Jadi produk ini dapat digunakan oleh masseur/masseuses komunitas bulutangkis untuk panduan masase sebagai alternatif pemanasan yang dapat diberikan kepada atlet sebelum latihan atau pertandingan bulutangkis.