SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Motivasi Siswa MTs Wahid Hasyim 02 Desa Kucur Kecamatan Dau Kabupaten Malang dalam Mengikuti Ekstrakulikuler Futsal

Hardiansyah Hardiansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hardiansyah. 2015. Survei Motivasi Siswa Mts.Wahid Hasyim 02 Desa Kucur Ke-camatan Dau Kabupaten Malang Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd. (II) dr. Rias Gesang K, M. Kes.

 

Kata kunci: motivasi, ekstrakurikuler, futsal

Hasil observasi yang dilakukan peneliti pada siswa MTs.Wahid Hasyim 02 ekstrakurikuler futsal merupakan ekstrakurikuler yang paling banyak diikuti siswa. Akan tetapi terdapat sebuah kesenjangan dalam pelaksanaan ekstrakurikuler tersebut yakni tidak adanya sarana berupa lapangan yang di sekolah maupun di desa kucur tersebuh, sehingga utuk melaksanakan ekstrakurikuler futsal harus menempuh jarak 8-12 kilo meter. Namun setiap peserta memiliki motivasi yang berbeda dalam me-ngikuti kegiatan tersebut.

Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mengetahui tingkat mo-tivasi intrinsik peserta kegiatan ekstrakurikuler futsal di MTs. Wahid Hasyim 02 Dau Malang, 2) Untuk mengetahui tingkat motivasi ekstrinsik peserta kegiatan ekstra-kurikuler futsal di MTs. Wahid Hasyim 02 Dau Malang.

Penelitian ini termasuk penelitian survei, yang bertujuan untuk mendapatkan informasi dan mendeskripsikan tentang motivasi yang mempengaruhi siswa MTs. Wahid Hasyim 02 dalam mengikuti ekstrakurikuler futsal. Analisis yang digunakan adalah teknik persentase.

Hasil penelitian ditemukan faktor intrinsik yang mempengaruhi siswa MTs. Wahid Hasyim 02 Dau Malang secara keseluruhan adalah sebesar 81,83%, ma-suk kategori baik sekali dan soal angket nomor 6 yaitu motivasi intrinsik aspek hal yang ingin dicapai (to accomplish things) yang berisikan tentang pernyataan siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal karena ingin menjadi permainan futsal yang handal dan professional merupakan soal angket dengan jumlah persentase tertinggi yaitu sebesar 84,16%, Sedangkan faktor ekstrinsik yang mempengaruhi siswa MTs. Wahid Hasyim 02 Dau Malang secara keseluruhan adalah sebesar 38,14%, masuk dalam kategori gagal dan soal angket nomor 16 yang berisikan tentang pernyataan siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal karena ingin menjadi bagian dari ke-lompok pertemanan dalam kelompok futsal merupakan soal angket dengan jumlah persentase tertinggi yaitu sebesar 58,33%. Motivasi siswa MTs. Wahid Hasyim 02 dalam mengikuti ekstrakurikuler futsal tingkat motivasi intrinsik lebih besar dibandingkan dengan tingkat motivasi ekstrinsik.