SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Futsal Berbasis Mobile Learning untuk Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan

Andryas Yuniarto

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuniarto, Andryas. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan FutsalBerbasis Mobile Learning untuk Mahasiswa Jurusan IlmuKeolahragaan di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan IlmuKeolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Dr. Supriyadi, M.Kes, (2) I Nengah Sudjana, S.Pd.,M.Pd

 

Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran mobile learning, teknik dasarfutsal, peraturan permainan futsal

Matakuliah Praktik Futsal, merupakan salah satu matakuliah pilihan yangdapat dipilih oleh mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas IlmuKeolahragaan, Universitas Negeri Malang, pada semester keempat. Teknik dasardan peraturan permainan futsal merupakan indikator tujuan perkuliahanmatakuliah praktik futsal. Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh pendidikuntuk mencapai tujuan perkuliahan yang diinginkan, baik dari cara pembelajaran,metode, bahkan media yang digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan padapenyebaran angket terhadap 30 responden di Jurusan IK, survei membuktikanbahwa mahasiswa IK membutuhkan suatu media yang baru untuk digunakansebagai media pembelajaran yang lebih simple dan efisien, dan mereka memilihmobile learning (buku digital) sebagai salah satu media ajar yang cocok.

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaranmobile learning (buku digital) teknik dasar dan peraturan permainan futsal untukmahasiswa jurusan Ilmu Keolahragaan yang diharapkan dapat membantu dalamproses pembelajaran.

Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah dari 10langkah penelitian yang dikemukakan oleh Borg and Gall untuk pengembanganmedia pembelajaran buku digital teknik dasar dan peraturan permainan futsal.Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperolehpersentase rata-rata 85,28% dan pada uji coba kelompok besar diperolehpersentase rata-rata 91,05% sehingga memenuhi kriteria valid dengan spesifikasiproduk yaitu produk berbentuk file .epub berukuran 37,5MB yang dapat diaksesmelalui aplikasi (.epub reader) di smartphone dan dapat diakses kapan dandimana saja.

Saran untuk produk buku digital ini diharapkan dapat membantutercapainya tujuan pembelajaran dan sebagai media pengingat (reminder) bagimahasiswa Jurusan  Ilmu Keolahragaan, serta dapat menjadi bahan rujukansebagai media ajar yang praktis dan efisien digunakan saat kursus wasit futsal danpengingat (reminder) materi permainan futsal.