SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media latihan akurasi passing pendek dengan gawang warna dan bola warna pada Bhirawa FC Kabupaten Malang

Deki Eko Agus Frasetyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Frasetyo, Deki Eko Agus. 2015. Pengembangan Media latihan akurasi passing pendek dengan gawang warna dan bola warna pada Bhirawa FC Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd. (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: media latihan, passing pendek, gawang warna dan bola warna, sepakbola, usia 11-12 tahun

Berdasarkan observasi awal pada tim sepakbola Bhirawa FC Kabupaten Malang pada tanggal 18 Januari 2015, latihan akurasi passing yang diberikan tidak efektif dan tidak sesuai seperti yang diharapkan, serta belum adanya media untuk latihan akurasi passing pendek. Pada penelitian awal yaitu analisis kebutuhan kepada 32 pemain usia 11-12 tahun didapatkan hasil sebagai berikut: latihan akurasi passing pendek yang dilaksanakan kurang efektif dan cenderung membosankan. Kemudian didapatkan data bahwa belum adanya media untuk latihan akurasi passing pendek. Setelah itu para pemain menyetujui adanya pengembangan media latihan akurasi passing pendek dengan gawang warna dan bola warna.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media latihan akurasi passing pendek dalam permainan sepakbola usia 11-12 tahun menggunakan gawang warna dan bola warna pada tim sepakbola Bhirawa FC Kabupaten Malang. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat digunakan secara maksimal saat latihan dan dapat meningkatkan antusiasme dan kualitas pemain dalam berlatih. Sehingga prestasi pemain Bhirawa FC Kabupaten Malang dapat meningkat.

Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and delelopment (R&D) dari Borg dan Gall. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari hasil penelitian awal (analisis kebutuhan), hasil evaluasi ahli kepelatihan sepakbola, hasil evaluasi ahli media, hasil uji coba kelompok kecil, dan hasil uji lapangan (kelompok besar). Dalam penelitian pengembangan ini hanya terbatas pada langkah pengembangan 1 sampai 7.

Hasil pengembangan media latihan akurasi passing pendek dengan gawang warna dan bola warna pada Bhirawa FC Kabupaten Malang diperoleh data sebagai berikut: (1) hasil justifikasi ahli kepelatihan sepakbola sebesar 92,51% (sangat valid), (2) hasil justifikasi ahli media sebesar 75% (cukup valid), (3) hasil uji coba kelompok kecil sebesar 78,72% (cukup valid), (4) hasil uji lapangan (kelompok besar) sebesar 90,91% (sangat valid). Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan layak untuk digunakan.

Produk yang dikembangkan berupa media latihan akurasi passing pendek dengan gawang warna dan bola warna yang khusus dilakukan untuk cabang olahraga sepakbola yang telah disesuaikan pada usia 11-12 tahun. Jadi produk ini dapat digunakan oleh pelatih dan pemain sepakbola sebagai media pada saat melakukan latihan akurasi passing pendek.