SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL-MODEL LATIHAN UNTUK PENJAGA GAWANG FUTSAL DI TIM KABUPATEN KEDIRI

Dwi Aris Tian

Abstrak


ABSTRAK

 

Aristian, Dwi. 2015. Pengembangan Model-model LatihanuntukPenjagaGawang Futsal di TimKabupaten Kediri. Skripsi, JurusanIlmuKeolahragaan, FakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi, M.Kes.,(II) I NengahSudjana, S.Pd.,M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, model latihan, penjagagawang futsal

Penjagagawangadalahseorangpemain yang mempunyaitugaskhususuntukmenjagagawangdalamsebuahtim.Observasiawal yang dilakukanpenelitipadatim futsal di Kabupaten Kediri, pemaindanpelatihmenyatakanbahwatim futsal di Kabupaten Kediri tidakmempunyailatihankhususuntukpenjagagawang. Sesuaipenelitianawal yang dilakukanmelaluipenyebarankuisioneranalisiskebutuhankepada 30 penjagagawang di tim futsal di Kabupaten Kediri danwawancarakepadapelatihPorprovKabupaten Kediri denganhasilsebagaiberikut: penjagagawang di tim futsal Kabupaten Kediri membutuhkan model-model latihanuntukpenjagagawang futsal, danpelatihmempunyai model-model latihankhususuntukpenjagagawang.

Tujuandaripenelitianiniadalahmengembangkan modellatihanuntukpenjagagawangfutsal di tim futsal Kabupaten Kediri. Diharapkanhasilpengembanganinidapatmeningkatkanketerampilandankemampuanseorangpenjagagawang futsal di tim futsal Kabupaten Kediri.

Metodepengembanganinimengacupada model pengembanganresearch and development Borg dan Gall. Sedangkananalisis yang digunakanyaitukualitatifdankuantitatifuntukmenganalisishasilpengumpulan data daripenelitianawal (analisiskebutuhan), evaluasiahli (ahlikepelatihan, ahlipraktisi, danahli media), ujicobakelompokkecildankelompokbesar.

Hasilpengembangan model latihanuntukpenjagagawang futsal di tim futsal Kabupaten Kediri di peroleh data sebagaiberikut, (1) ujicobatahap I (ujicobakelompokkecil) sebesar 85,26% sangat valid (dapatdigunakan), (2) ujicobatahap II (ujicobakelompokbesar) sebesar 87,77% sangat valid (dapatdigunakan). Adapun spesifikasi produk yaitu, latihan ini berupa video tentang model-model latihan penjaga gawang futsal yang terdiri dari model latihan 1 sampai model latihan 20, dalam hal ini model latihan yang akan diberikan urutan dan tahapan latihan yang dimulai dari yang paling mudah menuju tahapan paling sulit, kemudian setiap model dijelaskan tentang teknik latihan dan tujuan latihan, untuk yang terakhir diberikan prinsip latihan yang terdiri dari intensitas, set, repetisi, dan recovery.

Dari prosedur pengembangan yang telah diakukan, maka didapat hasilpengembangan model-model latihanuntukpenjagagawang futsal di tim futsal Kabupaten Kediri. Berdasar hasil penelitian ini, disarankan dilakukan uji efektifitas dan tidak dilakukan di satu tempat saja, sehingga terdapat perbaikan dari produk yang telah dibuat agar lebih variatif, menarik, lebih bermanfaat.