SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan model-model variasi teknik dasar heading dalam cabang olahraga sepakbola di Mastra FC Gumukmas Kabupaten Jember pada usia 14 sampai dengan 20 tahun

Efendi

Abstrak


ABSTRAK

 

Efendi. 2015. Pengembangan Model-model Variasi Heading Dalam Cabang Olahraga Sepakbola di Mastra FC Gumukmas Kabupaten Jember Pada Usia 14 Sampai Dengan 20 Tahun. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Saichudin, M.Kes (2) I Nengah Sudjana, S. Pd, M. Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, latihan, teknik dasar sepakbola, heading.

Heading merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai pemain dalam permainan olahraga sepakbola. Ada banya khal yang bias dilakukan selama latihan guna untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam latihan, baik dari strategi, metode, bahkan dalam hal media yang digunakan. Berdasarkan penyebaran angket terhadap 20 responden pemain Mastra FC, survey membuktikan bahwa 75% berminat melakukan latihan heading, dan 80% menyatakan sangat perlu dikembangkan buku panduan model-model variasi heading. Agar latihan pemainMastra FC menjadi lebih efektif dan efesien, dan mereka lebih memilih buku panduan sebagai salah satu media belajar yang mudah untuk dipelajari.

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan model-model variasi heading dalam cabang olahraga sepakbola di Mastra FC Gumukmas Kabupaten Jember yang diharapkan membantu dalam latihan.

Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall (1983: 9) dan diperkuat teori yang dikemukakan oleh Ardana (2002: 9). Hal ini dikarenakan langkah dan prosedur yang dikemukakan bukan merupakan langkah-langkah yang harus diikuti secara baku. Untuk mengembangkan model-model variasi heading dalam cabang olahraga sepakbola sebagai berikut: 1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan menyebarkan kuesioner/angket kepada 20 pemain Mastra FC, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan rancangan produk, (4) persiapan uji coba kelompok kecil, menggunakan 7 subjek, (5) revisi produk pertama berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, (6) uji coba lapangan (kelompok besar) menggunakan 20 subjek, (7) revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar.

Hasil dari uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata 80% dan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase rata-rata 87% sehingga dapat disimpulkan bahwa buku panduan model-model variasi heading dalam cabang olahraga sepakbola sangat jelas dan menarik untuk digunakan sebagai salah satu sumber latihan.

Diharapkan hasil pengembangan ini dapat membantu tercapainya salah satu tujuan latihan, dan sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas produk yang dikembangkan ini, karena hasil pengembangan ini masih terbatas sampai tersusun sebagai produk.