SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Program Latihan Beban (weight training) Untuk Olahragawan Judo (PEJUDO) PJSI Kota Malang Yang Berlatih Di Sasana Anoraga KONI Kota Malang

husnul khotim

Abstrak


ABSTRAK

 

Husnul Khotim. 2015. Pengembangan Program Latihan Beban (weight training) Untuk Olahragawan Judo (PEJUDO) PJSI Kota Malang Yang Berlatih Di Sasana Anoraga KONI Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Heru Widijoto, M.S (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, latihan, program latihan, latihan beban dan pejudo.

Latihan beban (weight training) adalah latihan-latihan yang sistematis dimana beban hanya dipakai sebagai alat untuk menambah tahanan terhadap kontraksi otot guna mencapai berbagai tujuan tertentu, seperti misalnya menambah kondisi fisik, kesehatan, kekuatan atau prestasi dalam suatu cabang olahraga tertentu. Dengan kondisi fisik yang baik maka seorang atlet akan mempunyai peluang yang besar untuk mendapatkan juara dalam kejuaraan tersebut. Dengan adanya suatu program latihan beban maka seorang pelatih akan dapat mempersiapkan latihan secara sistematis, terencana dan dapat dipantau perkembangan yang terjadi pada atlet-atletnya. Berdasarkan penelitian awal melalui wawancara terhadap instruktur pusat kebugaran jasmani Sasana Anoraga KONI Kota Malang, diperoleh temuan bahwa tidak ada program latihan yang tetap, melalui penyebaran angket intruktur menyatakan membutuhkan program latihan untuk olahragawan Judo (pejudo) PJSI Kota Malang.

Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan program latihan beban (weight training) pada olahragawan judo (pejudo) PJSI Kota Malang yang berlatih di sasana anoraga KONI Kota Malang agar pelatih maupun pejudo mempunyai pedoman dalam melaksanakan latihan beban.

Metode dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg dan Gall untuk pengembangan program latihan beban (weight training) untuk olahragawan judo (pejudo) PJSI Kota Malang yang berlatih di Sasana Anoraga KONI Kota Malang sebagai berikut: (1) Riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan menyebarkan kuesioner kepada 2 instruktur pusat kebugaran jasmani Sasana Anoraga KONI Kota Malang, (2) Perencanaan pengembangan produk, (3) Pengembangan rancangan produk, (4) Persiapan uji coba kelompok kecil, menggunakan 6 subjek, (5) Revisi produk pertama berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, (6) Uji coba lapangan (kelompok besar) menggunakan 32 subjek, (7) Revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar hingga menjadi produk akhir.

Hasil penelitian dan pengembangan program latihan beban (weight training) untuk olahragawan judo (pejudo) PJSI Kota Malang yang berlatih di sasana anoraga KONI Kota Malang adalah sebagai berikut: (1) evaluasi ahli latihan beban I sebesar 88,0%  (sangat valid), (2) evaluasi ahli latihan beban II sebesar 95,2%  (sangat valid) (3) evaluasi ahli kepelatihan sebesar 98% (sangat valid),  (4) evaluasi ahli pelatih judo sebesar 78,8%  (cukup valid) (5) uji coba kelompok kecil sebesar 87,5% (sangat valid), (5) uji coba kelompok besar sebesar 91,93% (sangat valid). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa program latihan beban (weight training) untuk olahragawan judo (pejudo) PJSI Kota Malang dapat digunakan.

Kesimpulan penelitian dan pengembangan program latihan beban (weight training) yang terdiri dari latihan: (1) Treadmill, (2) Leg extension, (3) Bench press, (4) Lying leg curl, (5) Pec deck flys, (6) Sit up, (7) Lat pulldown, (8) Back extension, (9) Seated rows, (10) leg press, (11) trunk rotations untuk olahragawan judo (pejudo) PJSI Kota Malang yang berlatih di Sasana Anoraga KONI Kota Malang antara lain: (1) program latihan beban terstruktur, sesuai dengan prinsip-prinsip latihan beban, (2) program latihan beban sesuai dengan prinsip-prinsip latihan dan empat aspek dalam latihan, (3) program latihan beban berisikan penjelasan serta gambar-gambar cara melakukan latihan beban, sehingga pejudo Kota Malang lebih memahami gerakan, (4) program latihan dalam bentuk banner, dipasang pada tempat latihan dan dikemas dalam bentuk buku pedoman ini pejudo PJSI Kota Malang mudah untuk latihan beban.