SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN DRIBBLING KOMBINASI PASSING DAN SHOOTING PADA KLUB SEPAKBOLA MASTRA KECAMATAN GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER

Hafidh Mohammad

Abstrak


ABSTRAK

 

Mohammad, Hafidh. 2015. Pengembangan Model Latihan DribblingKombinasi Passing dan Shooting pada Klub Sepakbola Mastra Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyoko, M.Pd, (II) Fahrial Amiq, S.Or., M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, model latihan, dribbling, passing, shooting.

Dribbling, passing dan shooting merupakan teknik dasar dari sepakbola. Wawancara yang dilakukan peneliti kepada pelatih Mastra, pelatih mengatakan masih merasa kesulitan dalam memberikan model-model latihan yang dikombinasikan. Kemampuan bermain pemain Mastra sudah baik, namun pada saat melakukan penyerangan di daerah pertahanan lawan, serangan yang dilakukan oleh para pemain Mastra sangat monoton. Jarang sekali seorang pemain dari sepertiga lapangan melakukan akselerasi atau menggiring bola melewati lawan lalu melakukan passing kemudian shooting ke arah gawang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan dribbling kombinasi passing dan shooting pada permainan sepakbola yang dikemas dalam buku panduan. Dengan adanya buku panduan ini diharapkan dapat membantu atau mempermudah pemain Mastra dalam mempraktikkan model-model latihan dribbling kombinasi passing dan shooting.

Metode penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan research and developmentdari Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah, namun peneliti tidak menggunakan keseluruhan hanya menggunakan 7 langkah yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) pembuatan produk awal, (3) uji coba kelompok kecil, (4) revisi produk 1, (5) uji coba kelompok besar, (6) revisi produk akhir, (7)hasil akhir produk.

Pada analisis kebutuhan ini digunakan sebagai dasar untuk membantu dalam menentukan rancangan produk awal yang akan dibuat, agar produk yang dibuat sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh subjek dalam penelitian. Selanjutnya uji coba produk dimaksudkan untuk mengumpulkan data yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengetahui tingkat keefektifan, efisiensi, dan daya tarik produk yang dihasilkan. Pada uji coba ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu justifikasi ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.

Hasil akhir dari penelitian dan pengembangan ini berupa produk model latihan dribbling kombinasi passing dan shooting yang dikemas pada buku panduan. Kelebihan dari produk pengembangan model latihan dribbling kombinasi passing dan shootingini adalah untuk meningkatkan kemampuan dribbling kombinasi passing dan shooting dan melatih kerjasama tim dalam menyerang.

Saran meliputi: (1) model latihan dribbling kombinasi passing dan shooting dapat dimanfaatkan untuk pemain yang sudah menguasai teknik dasar sepakbola dengan baik, (2) sebelum disebarluaskan, sebaiknya produk disosialisakan dulu kepada pihak-pihak terkait, (3) sebaiknya dalam penelitian pengembangan dilakukan pada subjek yang lebih luas.