SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Man To Man Defense Bolabasket Menggunakan Modifikasi Permainan Gobak Sodor di Ekstrakurikuler SMP Laboratorium UM Malang

Moh. Jerry alfredo metalian

Abstrak


ABSTRAK

 

Metalian, Moh. Jerry Alfredo. 2015. Pengembangan Model Latihan Man To Man Defense Bolabasket Menggunakan Modifikasi Permainan Gobak Sodor di Ekstrakurikuler SMP Laboratorium UM Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Saichudin, M.Kes (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd

Kata Kunci: Pengembangan, Modifikasi Permainan Gobak Sodor, Model Latihan Man To Man Defense Bolabasket.

Teknik pertahanan atau yang biasa disebut dengan defense merupakan usaha mencegah tim lawan memasukkan bola kedalam keranjang, mencegah serangan lawan adalah sama pentingnya dalam mencetak angka. Semua pemain bolabasket hendaknya memiliki keterampilan yang sangat baik pada teknik defense, begitu pula dengan pemain yang ada di kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMP Laboratorium UM Malang. Modifikasi permainan gobak sodor digunakan dikarenakan adanya kesamaan antara keduanya yaitu untuk mempertahankan daerahnya agar tidak dapat dilewati oleh lawan. Kurangnya jadwal latihan adalah salah satu penghambat latihan bagi siswa. Pada penelitian awal peneliti memberikan angket analisis kebutuhan kepada pelatih ekstrakurikuler SMP Laboratorium UM Malang dan angket analisis kebutuhan  kepada pemain. Diketahui bahwa, pelatih dan pemain membutuhkan pengembangan model latihan man to man defense yang nantinya dikemas dalam bentuk buku panduan.

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa buku yang berisi materi model latihan man to man defense di SMP Laboratorium UM Malang menggunakan modifikasi permainan gobak sodor.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa persentase, yang digunakan untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil menggunakan 8 siswa dan uji coba kelompok besar menggunakan 30 siswa.

Hasil penilaian atau evaluasi terhadap model latihan ini yaitu hasil ahli permainan bolabasket didapatkan persentase 95% (sangat baik), dari ahli permainan tradisional didapatkan persentase 75% (baik), dan dari ahli media didapatkan persentase 78%(baik). Dari hasil uji coba kelompok kecil didapatkan rata-rata persentase 94% (sangat baik) dan dari hasil uji coba lapangan (uji coba kelompok besar) didapatkan rata-rata persentase 98%(sangat baik). Dibuku ini terdapat 4 model latihan yaitu model permainan gobak sodor dengan penjagaan sistem 4 defense 1 sodor tanpa bola, menggunakan bola passing, menggunakan bola drible, dan penjagaan kolom sistem 4 defense 1 sodor menggunakan bola menempel.

Diharapkan hasil pengembangan ini dapat diuji cobakan pada kelompok yang lebih luas dan disosialisasikan sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Selain itu, diharapkan ada penelitian selanjutnya, untuk menguji tingkat efektivitas produk yang dikembangkan.