SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Tingkat Kapasitas Oksigen Maksimal (VO2 Maks) Atlet PORPROV Kota Batu Tahun 2015

Fauzi Trijunaidi Abdillah

Abstrak


ABSTRAK

 

Abdillah, Fauzi, Trijunaidi. 2015. Survei Tingkat Kapasitas Oksigen Maksimal (VO2 Maks) Atlet PORPROV Kota Batu Tahun 2015. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Saichudin, M.Kes, (2) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: Kapasitas Oksigen Maksimal (VO2 Maks), Atlet PORPROV Kota Batu.

Kapasitas oksigen maksimal (VO2  maks) adalah jumlah oksigen yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan energi selama aktivitas fisik sampai terjadi kelelahan. Seorang atlet dituntut untuk memiliki VO2  maks yang baik akan berdampak pada kondisi fisik yang baik. Kondisi fisik yang baik akan menunjang teknik keterampilan yang dimiliki atlet. Kondisi fisik seorang atlet merupakan salah satu faktor yang tidak boleh diabaikan dalam suatu pertandingan, karena berpengaruh dalam memenangkan suatu pertandingan. Untuk menjadi atlet yang berkualitas, mereka tidak hanya menguasai teknik keterampilan saja, melainkan juga mempunyai kondisi fisik yang baik.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) Atlet PORPROV Kota Batu Tahun 2015 dengan mengukur kemampuan tubuh atlet dalam mengkonsumsi oksigen secara maksimal melalui tes lari multitahap (Multistage Fitness Test).

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan survei. Subjek penelitian ini adalah atlet PORPROV Kota Batu  tahun 2015 dengan jumlah subjek 177 atlet. Pada penelitian ini, instrimen yang digunakan adalah tes lari multitahap (Multistage Fitness Test) yang hasilnya dikonversikan pada tabel nilai prediksi VO2 Maks kemudian hasil tersebut dikategorikan menurut tabel norma kategori. Hasil dari tabel norma kemudian dipersentasekan sesuai dengan kategori pencapaian tes atlet.

Hasil tes lari multitahap (Multistage Fitness Test) yang menggunakan 177 atlet sebagai sampel menunjukkan bahwa terdapat 10 atlet (5,64%) tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) dengan kategori superior, 16 atlet (9,03%) tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) dengan kategori baik sekali, 27 atlet (15,25%) tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) dengan kategori baik, 59 atlet (33,33%) tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) dengan kategori sedang, 49 atlet (27,68%) tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) dengan kategori buruk, dan 16 atlet (9,03%) tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) dengan kategori buruk sekali.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat VO2 Maks atlet PORPROV Kota Batu tahun 2015 masih dibawah rata-rata standart atlet. Oleh karena itu disarankan bagi atlet untuk meningkatkan VO2 Maks, agar kondisi fisik menjadi lebih baik. Dan bagi pelatih disarankan untuk memberi program latihan fisik untuk meningkatkan VO2 Maks atletnya agar dapat mencapai prestasi yang diharapkan.